Kompas.com - 02/02/2021, 18:21 WIB
Mesin terbaru Honda eSP+ Dok. HondaMesin terbaru Honda eSP+

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda PCX 160 dibekali dengan mesin terbaru, yakni eSP+ (enhanced Smart Power). Dengan mesin tersebut, ada peningkatan performa dari segi tenaga dan juga torsinya.

Dikutip dari Honda.co.jp, banyak ubahan yang dilakukan oleh Honda pada mesin eSP+ itu. Ubahan paling mencolok ada pada jumlah klepnya.

Baca juga: Melirik Perbedaan Fitur Honda PCX 160 dengan Yamaha All New Nmax 155

Pada PCX 150, mesin eSP yang digunakannya hanya menggunakan 2 klep. Sedangkan pada PCX 160, dibekali dengan 4 klep pada mesinnya.

Mesin eSP+ pada Honda PCX 160Dok. AP Honda Mesin eSP+ pada Honda PCX 160

Lalu, diameter piston dan langkahnya juga ditingkatkan. Sekarang sudah 60 mm x 55,5 mm. Sehingga, kapasitas mesinnya membengkak menjadi 156,9 cc. Businya diposisikan tepat di tengah piston.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 15,5 tk pada 8.500 rpm dan torsi maksimum mencapai 14,7 Nm pada 6.500 rpm.

Mesin eSP+ pada Honda PCX 160Dok. AP Honda Mesin eSP+ pada Honda PCX 160

Selain itu, efisiensi pemasukan campuran udara dengan bahan bakar dan efisiensi pembuangan gas pembakaran juga ditingkatkan demi mencapai output yang tinggi.

Baca juga: Mengulik Perbedaan Fitur Honda PCX 150 dengan PCX 160

Mesin eSP+ pada Honda PCX 160Dok. AP Honda Mesin eSP+ pada Honda PCX 160

Untuk mengurangi hambatan geser dan meningkatkan rasio kompresi, di dalam mesinnya juga sudah terdapat Piston Oil Jet.

Piston tersebut akan menyemprotkan oli mesin ke bagian belakang piston yang dapat membuat pendinginan lebih efisien dan meningkatkan waktu pembakaran.

Pistonnya juga sudah dilapisi dengan molybdenum dengan desain ring piston yang baru. Sehingga, mampu menyapu pelumas lebih baik.

Mesin eSP+ pada Honda PCX 160Dok. AP Honda Mesin eSP+ pada Honda PCX 160

Mesin eSP+ juga dibekali dengan hydraulic cam chain tensioner lifter. Dengan komponen tersebut, mampu mengurangi gesekan dan suara, serta getaran mesin pada saat yang bersamaan. Sehingga, kinerja mesin menjadi lebih stabil.

Lalu, jalur intake dari saringan udara ke pipa inlet sudah diperluas. Diameter throttle body juga diperbesar untuk meningkatkan efisiensi intake.

Mesin eSP+ pada Honda PCX 160Dok. AP Honda Mesin eSP+ pada Honda PCX 160

Sebagai tambahan, di bagian knalpot juga mengalami ubahan pada struktur di bagian dalamnya. Sehingga, tidak hanya performa meningkat, tapi juga lebih ramah lingkungan.

Setelah dirilis di Jepang dan Thailand, Honda PCX 160 disinyalir juga akan segera meluncur di Indonesia.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.