Apa Itu Sepatu Rem atau Brake Shoe?

Kompas.com - 02/02/2021, 14:41 WIB
Brake shoe rem tromol CHAMPIONAUTOPARTS.EUBrake shoe rem tromol

JAKARTA, KOMPAS.com – Komponen pengereman di mobil merupakan suatu sistem yang krusial. Fungsi dari sistem pengereman tadi tentunya untuk mengurangi laju kendaraan saat sedang bergerak.

Salah satu komponen yang ada pada sistem pengereman adalah brake shoe atau sepatu rem. Sepatu rem merupakan bagian di mana kampas rem untuk tromol menempel. Perlu diingat kalau brake shoe dan brake pad itu berbeda.

“Brake pad adalah kampas rem untuk rem cakram, sedangkan brake shoe adalah kampas rem untuk model tromol. Fungsinya sama, yaitu untuk pengereman,” ucap Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor kepada Kompas.com, Selasa (2/2/2021).

Baca juga: Honda PCX 160 Sudah Bisa Dipesan, Berminat Siapkan Rp 500.000


Kedua benda ini memang memiliki fungsi yang sama, namun cara kerjanya berbeda. Kalau brake pad, kampas menjepit piringan cakram agar laju mobil bisa berkurang. Sedangkan brake shoe, dia akan menekan ke sisi luar dari tromol.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mangkuk tromol sendiri ikut berputar dengan roda, sehingga ketika rem diinjak, brake shoe akan menekan ke sisi luar, bergesekan dengan mangkuk tromol dan laju kendaraan jadi berkurang.

Melansir dari situs Autoexpose.org, sepatu rem berbentuk setengah lingkaran yang memiliki permukaan luar rata. Pada permukaan itulah kampas rem menempel dan akan bergesekan dengan tromol.

Baca juga: Menu Hatchback Bekas, Yaris Rp 80 Jutaan, Jazz Rp 90 Jutaan

Ilustrasi tromol pada kendaraan roda empat.metalmelterscc.com Ilustrasi tromol pada kendaraan roda empat.

Pada sistem rem tromol, secara umum terdiri dari tiga bagian, sepatu rem, silinder roda dan tromol rem. Yang menggerakkan sepatu rem agar bergesekan dengan tromol adalah silinder roda.

Silinde roda memiliki dua piston pada setiap ujungnya. Di dalam silinder ini ada cairan hidrolik yang menggerakkan piston keluar. Ketika piston keluar, maka sepatu rem akan terdorong dan bergesekan dengan tromol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.