Kompas.com - 27/01/2021, 15:21 WIB
BMW 520d Luxury meluncur di Indonesia IstimewaBMW 520d Luxury meluncur di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil dengan mesin diesel mulai digemari oleh masyarakat Indonesi lantaran dinilai hemat bahan bakar dan lebih bertenaga untuk melibas medan terjal dan tanjakan.

Selain truk, kebanyakan mobil bermesin diesel di Indonesia berbasis MPV atau SUV. Di Indonesia memang tidak banyak sedang yang terlahir dengan mesin diesel.

Hal ini karena, sedan diesel yang menggunakan sasis monokok dinilai memiliki kelemahan berupa getaran mesin yang jauh lebih terasa dibanding mobil pikap atau truk yang menggunakan sasis ladder frame.

Namun sebetulnya masalah getaran di mesin diesel sudah tidak terasa sejak munculnya teknologi diesel common rail, turbodiesel, dan sebagainya.

Baca juga: Mengisi Udara Ban dengan Menyulut Api, Apakah Aman?

Bagi Anda yang ingin meminang mobil sedang bermesin diesel, tim Kompas sudah merangkum beberapa rekomendasinya. Apa saja?

1.  BMW 520d

Sedan diesel BMW 520distimewa Sedan diesel BMW 520d

BMW 520d meluncur sekitar tahun 2011 setelah hadirnya Pertamina Dex hadir di Indonesia.

Mobil ini mengusung mesin 4 silinder segaris commonrail injection turbocharger yang juga berkapasitas 2.000 cc (1.995 cc), dan bertransmisi otomatis 8-percepatan Steptromic.

Mobil ini mampu menghasilkan tenaga 184 Tk pada putaran 4.000 rpm dan torsi 380 Nm pada 1.750-2.750 rpm.

2. BMW 320d

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X