Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Rocky Hybrid Siap Meluncur Tahun Ini

Kompas.com - 27/01/2021, 07:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai salah satu produsen besar asal Jepang, Daihatsu kabarnya akan segera meluncurkan mobil hybrid pada 2021. Kondisi ini dilakukan untuk mengejar ketertinggalan dari merek-merek lain yang sudah memproduksi mobil elektrifikasi sejak beberapa tahun terakhir.

Apalagi Jepang sudah mencanangkan rencana untuk mencapai zero carbon emission pada 2050. Untuk itu, pemerintah Negeri Sakura menargetkan semua mobil baru harus menggunakan teknologi listrik pada 2035.

Menurut laporan Nikkei, Daihatsu tengah menyiapkan SUV hybrid yang bakal meluncur tahun ini. Mobil ini adalah Rocky, SUV kompak yang sudah dikenalkan pada akhir 2019.

Baca juga: Diskon XL7, BR-V, Rush dan Xpander Cross NIK 2020 Tembus Puluhan Juta

Antara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, sama-sama dibekali sistem penggerak Dynamic Torque Control 4WD. daihatsu.co.jp Antara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, sama-sama dibekali sistem penggerak Dynamic Torque Control 4WD.

Untuk diketahui, Rocky dibekali mesin 1KR-VET 1.000 cc 3-silinder turbo yang mampu menghasilkan tenaga 96 tk dan torsi 140 Nm.

Tapi sampai saat ini belum ada kabar, Rocky hybrid ini bakal pakai mesin dengan spesifikasi teknis seperti apa.

Namun yang jelas, teknologi hybrid yang digunakan merupakan hasil pengembangan induk perusahaan, yakni Toyota. Disebutkan kalau mesin ini akan mengusung teknologi full-hybrid.

Baca juga: Merasakan Kenyamanan Interior Toyota Fortuner Facelift

Desain interior Daihatsu Rocky, SUV kecil yang telah meluncur di Jepang.daihatsu.co.jp Desain interior Daihatsu Rocky, SUV kecil yang telah meluncur di Jepang.

Teknologi full-hybrid memiliki EV Mode yang memungkinkan mobil bisa berjalan hanya dengan motor listrik dari tenaga baterai yang ada.

Dengan teknologi ini diperkirakan harga Rocky hybrid bakal lebih mahal dari model bermesin konvensional. Meski begitu, mobil ini diklaim bisa lebih irit 20-30 persen dari biasanya.

Sebelumnya, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Diretor PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra mengatakan, belum bisa berbicara banyak soal peluncuran Rocky di Indonesia.

Baca juga: Tenang, Tilang Uji Emisi Kendaraan Belum Berlaku

Daihatsu Rocky telah dibekali fitur adaptif cruise controldaihatsu.co.jp Daihatsu Rocky telah dibekali fitur adaptif cruise control

Amelia hanya memastikan bahwa perusahaan bakal meluncurkan sebuah produk baru pada waktu yang tepat.

“Pada dasarnya setiap brand bukan hanya Daihatsu, pasti akan melakukan penyegaran terhadap produknya di waktu yang ditentukan atau waktu yang dianggap tepat,” ujar Amelia, dalam konferensi virtual (15/1/2021).

“Tahun ini Daihatsu juga sudah menyiapkan rangkaian untuk penyegaran produk. Waktunya kapan, nanti akan kami informasikan,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com