Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawaban Honda Soal Elektrifikasi di Indonesia Tahun Ini

Kompas.com - 21/01/2021, 09:51 WIB
Stanly Ravel

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Euforia kendaraan elektrifikasi di Indonesia makin ramai dibicarakan belakangan ini. Apalagi setelah adanya target-target yang dikeluarkan pemerintah.

Tak heran, banyak merek mulai mengenalkan produk kendaraan listrik yang diklaim juga sebagai kendaraan ramah lingkungan pada 2020 lalu. Mulai dari Hyundai Kona dan Ioniq, Nissan Kicks e-Power, Lexus UX 300e, juga Toyota Corolla Cross Hybrid.

Lantas bagaimana dengan Honda Prospect Motor (HPM) yang sejauh ini belum terlihat ada gelagat meluncurkan pasukan elektrifikasinya. Padahal secara global, Honda punya line-up yang cukup beragam.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, secara garis besar masih menjawab dengan hal yang sama.

Baca juga: Toyota Sebut Tren Penjualan Kendaraan Listrik Naik Signifikan di 2020

Honda Civic Hatchback RSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Civic Hatchback RS

Tapi Billy juga menegaskan, kendaraan ramah lingkungan tidak hanya mobil dengan teknologi hybrid, PHEV, ataupun baterai saja.

"Tujuan akhir elektrifikasi adalah mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan akibat gas buang kendaraan. Caranya menekan seminim mungkin bahan bakar atau mengganti mesin bensin dengan listrik," kata Billy dalam diskusi virtual, Senin (18/1/2021).

Billy menjelaskan masih ada cara lain yang bisa dilakukan dengan berinovasi pada mesin bensin konvensional. Salah satunya seperti mengembangkan teknologi yang membuat konsumsi bahan bakar jauh lebih hemat.

Ilustrasi Honda CR-V Hybrid 2021paultan.org Ilustrasi Honda CR-V Hybrid 2021

Karena dengan bahan bakar yang lebih hemat, otomatis akan memberikan kontribusi dalam menjaga lingkungan, khususnya menekan pencemaran polisi udara.

Baca juga: ESDM Targetkan Populasi Mobil Listrik Tembus 125.000 Unit di 2021

"Teknologi yang hemat bahan bakar dan emisi yang lebih bersih, juga jadi fokus kami selain pengembangan hybird dan listrik. Jadi dengan fuel efficiency tinggi kandungan CO2 rendah, itu salah satu target kami juga," ucap Billy.

Honda e meluncur di Tokyo Motor Show 2019Azwar Ferdian/Kompas.com Honda e meluncur di Tokyo Motor Show 2019

"Secara global Honda memiliki visi 2/3 dari penjualannya akan berbasis elektrifikasi, bukan baterai saja, ada hybrid, plug-in. Apa yang cocok untuk konsumen Indonesia, benar-benar kami pelajari regulasi dan sebagainya, tapi yang terpenting kendaraan itu sesuai kebutuhan konsumen," kata Billy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com