Kompas.com - 21/01/2021, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comDesain bus yang ada di Indoensia saat ini semakin beragam. Setiap karoseri memiliki bahasa desainnya masing-masing, yang menjadikannya unik daripada bus lainnya.

Salah satu desain yang kerap diaplikasikan pada bus yaitu floating roof. Untuk mendapatkan tampilan atap bus yang seolah-olah melayang ini, caranya bisa dengan mengecat pilar A dan Z bus dengan warna hitam, agar senada dengan kaca.

Dengan begitu, akan terlihat satu bagian yang tidak terputus mulai dari kaca depan hingga belakang. Kemudian terlihat bagian atap bus seperti mengambang karena memiliki kelir yang sama dengan bagian lambung atau bodi bawah.

Baca juga: Kenali Diesel Runaway, Musuh Besar Pemilik Mobil Diesel

Bus AKAP PO Adhi PutraKaroseri Laksana Bus AKAP PO Adhi Putra

Design Development karoseri New Armada Deddy Hermawan mengatakan, desain floating roof ini bisa mengambil dari referensi apa saja, desain apapun yang dianggap mewakili zamannya.

“Biasanya referensi desain mengambil obyek desain yang lebih tinggi. Misalnya mengambil kesan aerodinamis dari pesawat, kereta cepat bahkan yacht,” ucap Deddy kepada Kompas.com, Rabu (20/1/2021).

Sedangkan untuk floating roof di bus, nampaknya mengambil desain dari mobil-mobil penumpang dengan desain yang serupa. Deddy mengatakan, desain bus sebenarnya sangat terbuka luas, namun di Indonesia, desain tadi akan berhadapan dengan faktor like and dislike.

Baca juga: Besok Uji Emisi Gratis Terakhir di Lapangan, Catat Perubahan Lokasinya

“Oleh karena itu, beberapa desain bus akan ambil langkah aman dengan metode tadi, memakai obyek desain yang lebih tinggi atau dengan memakai referensi obyek yang sudah beken sebelumnya,” kata Deddy.

Salah satu karoseri dengan bus berdesain floating roof ini adalah Laksana dengan bodi Legacy SR2. Sejak 2016 Sampai sekarang desain floating roof menjadi ciri dari bodi bus buatan karoseri asal Ungaran ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.