Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat Lagi Bahaya Main Ponsel Saat Isi Bensin

Kompas.com - 18/01/2021, 11:35 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika melakukan pengisian bahan bakar minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), pasti Anda sering melihat larangan untuk menggunakan handphone atau gawai. Akan tetapi, masih banyak masyarakat yang abai dan tidak paham mengenai larangan tersebut.

Tidak sedikit yang berpikir bahwa menggunakan gawai saat mengisi BBM bisa mengganggu alat pada meisn atau dispenser. Namun, tidak sedikit pula yang berpikir bahwa menggunakan gawai bisa memicu kebarakan. Lantas, benarkah hal tersebut?

Baca juga: APAR Jangan Hanya Jadi Aksesori di Mobil, Perlu Ada Pelatihan Penggunaannya

Kepala SPBU Pertamina Cikini dan Pramuka, Paimin, menjelaskan bahwa menggunakan handphone (HP) atau ponsel di area SPBU memang berpotensi menyebabkan tejadinya kebakaran.

“Sesuai dengan standar keselamatan kerja memang tidak boleh memainkan ponsel di SPBU karena bisa membahayakan konsumen dan pengendara lainnya,” ujar Paimin saat dihubungi Kompas.com, Senin (18/1/2021).

Mobil terbakar di SPBU Desa Kandangan, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Kamis (1/10/2020).Dok.Polres Kediri Mobil terbakar di SPBU Desa Kandangan, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Kamis (1/10/2020).

Potensi kebakaran itu berhasil dari elektrik statis. Hal ini karena saat melakukan pengisian, uap bensin keluar dari nozzle. Jika uap tersebut terkena sumber panas bisa memicu terjadinya kebakaran.

Namun, Paimin menambahkan, memang belum ada riset terkait hal tersebut. Tetapi dengan adanya listrik statis pada handphone disebut bisa memicu terjadinya kebakaran.

Baca juga: Aturan Mobil Baru Wajib Dilengkapi APAR, Ini Kata Pengamat Transportasi

Terlebih lagi, area SPBU merupakan area yang rawan terjadinya kebakaran. Maka dari itu, setiap SPBU terdapat larangan agar konsumen tidak menggunakan gawai selama pengisian berlangsung.

“Kalau investigasi mengenai bermain handphone bisa menyebabkan kebakaran di SPBU memang belum ada, namun sempat beberapa kali terjadi kasus kebakaran di SPBU yang disebabkan oleh listrik statis saat melakukan pengisian,” kata Paimin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com