40 Unit Maung Pindad Resmi Diserahkan ke TNI

Kompas.com - 14/01/2021, 08:31 WIB
Kendaraan taktis ringan (Rantis) Maung Pindad resmi diserahkan ke TNI AD RANTIS MAUNG/PINDADKendaraan taktis ringan (Rantis) Maung Pindad resmi diserahkan ke TNI AD
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 40 unit Maung yang menjadi kendaraan taktis ringan (Rantis) racikan PT Pindad (Persero), resmi diserahkan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, kepada Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Prakasa.

Proses penyerahan yang dilakukan secara simbolis tersebut, dilakukan saat Rapat Pimpinan (Rapim) Kementerian Pertahanan (Kemhan), di Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Seremoni penyerahan disaksikan oleh Kepala Staf TNI AU, Kepala Staf TNI AL, pejabat tinggi TNI dan pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemhan.

Direktur Utama Pindad Abraham Mose mengatakan, sangat mengapresiasi dan bangga atas kepercayaan Kemhan menggunakan produk dalam negeri untuk mendukung operasional TNI.

Baca juga: Pabrik Nissan Tutup, Bagaimana Nasib Livina Selanjutnya?

Kendaraan taktis ringan (Rantis) Maung Pindad resmi diserahkan ke TNI ADRANTIS MAUNG/PINDAD Kendaraan taktis ringan (Rantis) Maung Pindad resmi diserahkan ke TNI AD

"Terima kasih atas kepercayaan Kemhan terhadap Pindad, Kami bangga hari ini dilakukan acara penyerahan simbolis Maung dari Menteri Pertahanan kepada KASAD untuk mendukung tugas pokok TNI," ujar Abraham dalam keterangan resminya, Rabu (13/1/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Secara total, Abraham mengatakan pemesanan rantis Maung pada tahap satu untuk Kemhan jumlahnya sebanyak 500 unit. Proses pemenuhannya akan dilakukan secara bertahap.

Namun sayang, tak dijelaskan secara pasti soal kapan semua unit tersebut akan terselesaikan. Termasuk rencana Pindad untuk memproduksi Maung versi sipil seperti yang sebelumnya diungkapkan.

Baca juga: Sebelum Komersial, Pindad Pasarkan Maung ke Instansi Pemerintahan

Prototipe kendaraan taktis (rantis) Maung 4x4 produksi PT Pindad di Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/7/2020). Kendaraan ini digunakan beberapa waktu lalu oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan rencananya akan diproduksi secara massal.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Prototipe kendaraan taktis (rantis) Maung 4x4 produksi PT Pindad di Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/7/2020). Kendaraan ini digunakan beberapa waktu lalu oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan rencananya akan diproduksi secara massal.

Sebagai kendaraan taktis ringan, Maung didesain memiliki kemampuan manuver yang gesit dan handal guna mendukung mobilitas penggunanya di berbagai medan operasi. Hal ini juga tak lepas dari fitur penggerak empat roda yang dimilikinya.

Tak hanya itu, Maung juga dirancang untuk memiliki kemampuan modular untuk difungsikan menjadi berbagai varian operasi.

Toyota Hilux

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.