Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Aman Lewat Jalan Menanjak dan Menurun dengan Mobil Matik

Kompas.com - 13/01/2021, 11:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengguna mobil dengan transmisi matik, ada trik khusus ketika melintas di jalan menanjak dan menurun. Tujuan utama, jika di tanjakan mobil tidak turun (merosot), dan sebaliknya di turunan tak terlalu cepat meluncur.

Kondisi jalan seperti ini lazim dijumpai pada gedung perkantoran atau pusat perbelanjaan seperti mal di kota-kota besar. Tanjakan curam atau turunan tajam sudah hampir pasti jadi sajian gedung-gedung ini ketika mau parkir mobil.

Menurut Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, Jakarta Utara, mobil matik saat jalan menanjak mempunyai keuntungan, yaitu tidak melelahkan si pengemudi. Kondisi ini juga dirasa lebih baik bagi mereka yang baru bisa mengemudi, dengan mengatur pijakan kaki kanan hanya pada pedal rem dan gas, minus kopling.

Baca juga: Musim Hujan, Biker Jangan Asal Cari Tempat Berteduh

“Kalau jalan menanjak, perhitungkan tingkat kemiringan dari jalan itu. Jika tidak terlalu curam maka bisa mengendara mobil dengan memposisikan (tuas transmisi) pada D 2 atau D3,” kata Suparman kepada Kompas.com belum lama ini.

Honda BR-V saat melewati tanjakan di Wisata Batu Lawang, Cirebon, Jawa Baratkompas.com Honda BR-V saat melewati tanjakan di Wisata Batu Lawang, Cirebon, Jawa Barat

Namun, apabila tanjakannya cukup ekstrem maka selalu posisikan transmisi pada urutan pertama.

Sementara itu, jika kondisi jalan menurun maka tidak ada salahnya untuk meletakan tuas transmisi pada posisi D2.

Baca juga: Viral Mobil Dinas Angkut Kayu sampai Pintu Belakang Kebuka, Bahayakan Pengguna Jalan

“Ketika tuas digeser ke D2, transmisi akan bekerja secara otomatis pada gigi 1 dan 2. Praktis transmisi otomatis akan membantu menahan laju mobil,” ucap Suparman.

Menurut dia, untuk mobil matik posisi transmisi D itu tidak ada engine brake. Sehingga, jika jalan menanjak dipindahkan saja ke posisi D2 atau L, sehingga ada efek pengereman yang dibantu oleh mesin, guna membaantu pengereman ketika lewat jalan menurun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com