Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pahami Fungsi Penting Talang Air Mobil Saat Musim Hujan

Kompas.com - 10/01/2021, 09:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Door visor atau yang akrab disebut talang air bukan hanya berguna untuk estetika tampilan mobil, tapi memiliki fungsi melindungi, terutama saat di musim hujan seperti saat ini.

Mobil yang menggunakan door visor akan terlindung dari masuknya air ketika kaca sedang dibuka.

Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi mengatakan, dengan memasang talang air bisa melindungi beberapa perangkat elektrik yang berada di area pengendara, mulai power window hingga panel pada gagang kemudi.

Baca juga: Tips Mengemudi Amam di Jalan Sempit, Wajib Jaga Kecepatan

“Kebanyakan memang fokusnya ke arah tampilan, tapi banyak kegunaannya. Yang paling penting mencegah air masuk saat kaca jendela dibuka, karena kalau sampai masuk biasanya kena ke panel elektrik di seputar dasbor pengendara dan power window di door trim. Bahaya kalau dibiarkan,” ucap Anjar saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (9/1/2021).

Mengenal gejala kerusakan power windowStanly/Otomania Mengenal gejala kerusakan power window

Tanpa disadari air hujan yang masuk ke dasbor bisa menimbulkan beberapa kerusakan. Contohnya merusak fungsi power window atau paling parahnya bisa menyebabkan korsleting akibat listrik yang terkena air.

Baca juga: Berapa Lama Hasil Uji Emisi Kendaraan Berlaku?

“Jangan lupa air hujan memiliki sifat keasaman yang tidak baik untuk interior mobil. Materi plastik pada door trim bisa kusam saat terkena tetesan air hujan, apalagi bila dibiarkan kering sendiri,” ucap Anjar.

Biasanya, sebagian besar mobil dilengkapi door visor. Namun, mereka yang belum memperolehnya bisa mendapatkannya di bengkel resmi atau toko aksesori. Kisaran harga cukup bervariatif, mulai dari Rp 250.000 sampai Rp 700.000, tergantung jenis dan dimensi mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com