Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuci Gudang, Diskon MPV Murah Tembus Rp 70 Juta di Awal 2021

Kompas.com - 06/01/2021, 12:25 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Awal tahun merupakan salah satu momen tepat untuk membeli mobil baru. Hal ini seiring dengan aktivitas diler yang kerap melakukan cuci gudang untuk menghabiskan stok unit produksi tahun sebelumnya.

Apalagi, bila penjualan pabrikan terkait belum mencapai target seperti tahun lalu imbas pandemi virus corona alias Covid-19. Sehingga, diskon atau potongan harga yang diberikan bakal cukup menggiurkan.

Lantas bagaimana dengan mobil keluarga murah alias low multi purpose vehicle (LMPV) yang permintaannya sangat banyak di pasar domestik? Menurut pantauan Kompas.com, kini diskon yang diberikan masih beragam.

Baca juga: Awal Tahun, Diskon Mobil Eropa Tembus Ratusan Juta Rupiah

Aktivitas ekspor Suzuki Indonesia ke Meksiko didominasi ErtigaKOMPAS.com/Ruly Aktivitas ekspor Suzuki Indonesia ke Meksiko didominasi Ertiga

Secara umum, potongan harga pada kelas kendaraan ini ialah sekitar Rp 25 juta seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Namun, tergantung varian, warna, dan ketersediaan unit.

"Ketersediaan unit produksi tahun 2020 sepertinya sudah habis, nanti saya cek dahulu. Tapi kisaran diskon yang bisa kita berikan sekitar Rp 20-25 juta," kata salah satu pramuniaga Toyota, Rabu (6/1/2021).

Bila dirasa kurang memuaskan, Anda bisa melirik mobil keluarga dari Suzuki yakni Ertiga yang potongan harganya mencapai Rp 30 juta. Tapi, ini hanya berlaku untuk varian teratas warna silver, GX-AT.

Hal serupa untuk mobil Honda Mobilio. Namun, ketersediaan unit-nya lebih sedikit dibanding Ertiga di wilayah DKI Jakarta.

"Penawaran ini sangat-sangat terbatas karena sudah ganti tahun juga. Khusus Ertiga, bisa kita kasih sampai Rp 30 juta," kata tenaga penjual Suzuki.

Baca juga: Promo SUV Murah di Awal Tahun, BR-V Diskon Rp 30 Juta

Test Drive Nissan Livina Semarang-Yogyakarta Test Drive Nissan Livina Semarang-Yogyakarta

Adapun potongan harga mobil keluarga paling besar ialah Nissan Livina produksi 2020 yang mencapai Rp 35 jutaan. Bila Anda beruntung, bisa menemui produksi tahun sebelumnya dengan diskon Rp 70 juta.

"Mobil siap kirim, diskon berlaku baik untuk pembelian tunai maupun kredit. Kalau yang tahun 2019 sepertinya tersisa varian VE, tapi nanti dicek lagi karena sudah sedikit sekali," ujar pramuniaga Nissan.

Sedangkan Mitsubishi Xpander menjadi LMPV dengan diskon paling sedikit yaitu hanya Rp 7 juta. Tenaga penjual menjelaskan hal ini dikarenakan sudah tidak ada stok untuk produksi 2020.

"Kita tersedia mobil produksi baru, jika ingin melakukan pemesanan bisa dilakukan sekarang agar diproses secara cepat," kata dia.

SUV Murah di Awal Tahun, BR-V Diskon Rp 30 Juta

Pilihan LSUV Rp 200 jutaan di Telkomsel IIMS 2019Kompas.com/Donny Pilihan LSUV Rp 200 jutaan di Telkomsel IIMS 2019

Popularitas Low Sport Utility Vehicle ( LSUV) di dalam negeri mengalami pertumbuhan positif seiring dengan keandalan dan ketangguhan dalam menaklukkan seluruh medan jalan.

Apalagi, kini produk yang ditawarkan semakin berkembang usai hadirnya merek asal China beberapa tahun belakangan dan Suzuki XL7 pada awal 2020 lalu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com