Biar Aman Naik Motor Saat Hujan, Ini yang Perlu Diperhatikan

Kompas.com - 01/01/2021, 14:21 WIB
Ilustrasi berkendara saat hujan motorcyclenews.comIlustrasi berkendara saat hujan
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki musim hujan, perilaku berkendara sepeda motor juga perlu disesuaikan agar tetap aman dan nyaman selama perjalanan.

Mengingat, kondisi jalan yang basah hingga adanya genangan air akan berpengaruh terhadap daya cengkeram dan kestabilan kendaraan.

Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama berkendara, Oke Desiyanto Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng menyarankan, pengendara agar memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Baca juga: Alternatif Bayar Pajak Kendaraan Bagi Warga DKI Selain di Samsat Induk

stiker tekanan udaraKompas.com/Fathan stiker tekanan udara

1. Tekanan udara ban

Tekanan udara pada ban menjadi hal yang perlu diperhatikan pengendara sebelum berkendara di jalanan basah atau pun tergenang.

Oke menyarankan agar tekanan udara diperiksa dan disesuaikan dengan rekomendasi oleh pabrikan.

Dengan begitu maka ban bisa bekerja secara maksimal dan tidak kehilangan daya cengkeramnya ketika melibas jalanan basah.

Baca juga: Ini Syarat dan Alur Pajak Kendaraan Bermotor Lima Tahunan

“Periksa tekanan ban sepeda motor, pastikan sesuai dengan standar agar alur ban berfungsi untuk membelah dan mengalirkan air sempurna,” kata Oke kepada Kompas.com, Jumat (1/1/2021).

twi pada ban motorKompas.com/Fathan twi pada ban motor

2. Periksa alur ban

Ban merupakan komponen yang krusial saat berkendara dalam kondisi jalanan basah atau di bawah guyuran air hujan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X