Bisakah Ganti Aki Mobil Sendiri di Rumah? Simak Ini

Kompas.com - 01/01/2021, 13:41 WIB
Ilustrasi perawatan aki pada mobil personal.neacelukens.comIlustrasi perawatan aki pada mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Aki mobil merupakan sebuah komponen yang memiliki usia pakai. Biasanya aki bisa tahan 1,5 sampai tiga tahun, tergantung perawatannya. Jika sudah habis akinya, tentu harus segera diganti.

Saat aki mati, tentu mobil sulit untuk dinyalakan, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu membeli aki baru lalu dipasang sendiri di rumah. Lalu apakah bisa dan aman untuk dilakukan ketika ingin mengganti aki sendiri di rumah?

Dealer Technical Support Department Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin ganti aki sendiri di rumah, selain itu ketahui juga risikonya.

Baca juga: Tahun 2021, Prediksi Mobil Baru yang Siap Mengaspal di Indonesia

Ilustrasi melepas akiwww.2carpros.com Ilustrasi melepas aki

“Pertama harus baca buku pedomannya dahulu, ada perangkat yang pada saat penggantian aki harus menunggu dahulu, baru setelah itu dicabut terminalnya,” ucap Didi kepada Kompas.com, Kamis (31/12/2020).

Selain itu, risiko mengganti aki sendiri adalah memori radio akan hilang, ada juga yang throttle yang reset. Untuk radio, perlu disetel ulang dan soal throttle, Didi mengatakan mesin akan terasa bergetar namun akan normal kembali seiring dibawa jalan.

“Kalau memori radio tidak ingin hilang, bisa dengan cara di-jumper sebelum aki lama dicabut. Kemudian untuk throttle, bisa terjadi pada mobil yang memakai teknologi throttle by wire, namun tidak semua model,” kata Didi.

Baca juga: Juara Dunia WorldSBK Senang Tak Balapan dengan Marc Marquez

Kemudian risiko lain yang mungkin muncul adalah auto power window yang perlu disetel ulang dan beberapa model katup open close air di AC harus diinisialisasi kembali. Karena ada model yang ketika baru ganti aki, AC terasa panas.

“Kalau AC itu harus disetel lagi dengan menggunakan scanner di bengkel resmi. Sedangkan kalau auto window bisa disetel sendiri di rumah,” ucapnya.

Cara menyetel auto window, saat kondisi kaca tertutup, tekan tombol ke bawah sampai terbuka sempurna dan tetap tahan tombol beberapa detik. Setelah itu, ungkit tombol untuk menaikkan kaca, setelah tertutup, tetap tahan tombol selama beberapa detik.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X