Kompas.com - 01/01/2021, 13:33 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalur menuju Puncak-Cipanas, Cianjur, Jawa Barat kembali dibuka secara normal dari kedua arah, usai ditutup sementara sebagai upaya menekan jumlah pengunjung di malam pergantian tahun 2021.

Seiring dengannya, lalu lintas di kawasan tersebut terbilang lancar. Padahal, setiap akhir tahun selalu ada penumpukkan volume kendaraan bermotor mengingat Puncak masih jadi destinasi utama wisatawan.

"Ini seiring dengan pengetatan pengawasan sebelum jalur ditutup tepat pada pukul 18.00 WIB kemarin (31/12/2020). Larangan bagi warga untuk merayakan malam tahun baru di luar rumah pun cukup maksimal," kata Kapolres Cianjur, AKBP Mochamad Rifai di keterangan tertulis, Jumat (1/1/2021).

Baca juga: Mengenal Apa Itu Air Suspension

Giat penyekatan wilayah perbatasan di jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat, yang dilakukan beberapa waktu lalu menyusul pemberlakukan PSBB di wilayah Jabodetabek, beberapa waktu laluKOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Giat penyekatan wilayah perbatasan di jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat, yang dilakukan beberapa waktu lalu menyusul pemberlakukan PSBB di wilayah Jabodetabek, beberapa waktu lalu

"Menurut laporan, petugas gabungan juga telah memulangkan ratusan kendaraan pendatang karena tidak mengantongi surat bebas Covid-19," lanjut dia.

Kendati demikian, jika arus lalu lintas kembali padat maka petugas bakal memberlakukan penutupan jalur kembali.

“Namun siang nanti, kita akan lihat situasi kalau volume kendaraan meningkat, maka akan diberlakukan sejumlah rekayasa arus di sepanjang jalur yang sama. Kemungkinan penyekatan dan pemberlakuan sistem satu arah akan diterapkan," ucap Rifai.

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Apa Sejatinya Fungsi Kode Produksi pada Ban?

Sementara hingga malam pergantian tahun, tidak terlihat kerumunan masa mulai dari kawasan Puncak hingga tengah kota Cianjur. Hanya bunyi kembang api dan petasan saat detik menjelang pergantian tahun sempat terdengar di sejumlah titik.

“Sebagian besar warga mematuhi larangan untuk tidak menggelar acara pada malam pergantian tahun yang dapat mengundang kerumunan atau keramaian. Berbagai upaya yang dilakukan petugas gabungan sangat maksimal, sehingga harapan kami tidak ada klaster baru setelah tahun baru,” tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.