Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Puncak Kembali Dibuka, Lalu Lintas Lancar

Kompas.com - 01/01/2021, 13:33 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalur menuju Puncak-Cipanas, Cianjur, Jawa Barat kembali dibuka secara normal dari kedua arah, usai ditutup sementara sebagai upaya menekan jumlah pengunjung di malam pergantian tahun 2021.

Seiring dengannya, lalu lintas di kawasan tersebut terbilang lancar. Padahal, setiap akhir tahun selalu ada penumpukkan volume kendaraan bermotor mengingat Puncak masih jadi destinasi utama wisatawan.

"Ini seiring dengan pengetatan pengawasan sebelum jalur ditutup tepat pada pukul 18.00 WIB kemarin (31/12/2020). Larangan bagi warga untuk merayakan malam tahun baru di luar rumah pun cukup maksimal," kata Kapolres Cianjur, AKBP Mochamad Rifai di keterangan tertulis, Jumat (1/1/2021).

Baca juga: Mengenal Apa Itu Air Suspension

Giat penyekatan wilayah perbatasan di jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat, yang dilakukan beberapa waktu lalu menyusul pemberlakukan PSBB di wilayah Jabodetabek, beberapa waktu laluKOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Giat penyekatan wilayah perbatasan di jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat, yang dilakukan beberapa waktu lalu menyusul pemberlakukan PSBB di wilayah Jabodetabek, beberapa waktu lalu

"Menurut laporan, petugas gabungan juga telah memulangkan ratusan kendaraan pendatang karena tidak mengantongi surat bebas Covid-19," lanjut dia.

Kendati demikian, jika arus lalu lintas kembali padat maka petugas bakal memberlakukan penutupan jalur kembali.

“Namun siang nanti, kita akan lihat situasi kalau volume kendaraan meningkat, maka akan diberlakukan sejumlah rekayasa arus di sepanjang jalur yang sama. Kemungkinan penyekatan dan pemberlakuan sistem satu arah akan diterapkan," ucap Rifai.

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Apa Sejatinya Fungsi Kode Produksi pada Ban?

Sementara hingga malam pergantian tahun, tidak terlihat kerumunan masa mulai dari kawasan Puncak hingga tengah kota Cianjur. Hanya bunyi kembang api dan petasan saat detik menjelang pergantian tahun sempat terdengar di sejumlah titik.

“Sebagian besar warga mematuhi larangan untuk tidak menggelar acara pada malam pergantian tahun yang dapat mengundang kerumunan atau keramaian. Berbagai upaya yang dilakukan petugas gabungan sangat maksimal, sehingga harapan kami tidak ada klaster baru setelah tahun baru,” tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com