Yamaha Masih Butuh Rossi untuk Pengembangan M1

Kompas.com - 29/12/2020, 09:42 WIB
Valentino Rossi saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP) LLUIS GENEValentino Rossi saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Valentino Rossi akan mulai bergabung dengan tim satelit untuk musim 2021. Namun, pebalap asal Italia ini masih tetap didukung sepenuhnya oleh Yamaha.

Terkait pengembangan motor balap YZR-M1, memang akan dipimpin oleh pebalap tim pabrikan. Namun demikian, masukan dari Rossi juga masih tetap diperhitungkan.

Baca juga: Valentino Rossi Bawa Angin Segar buat Petronas Yamaha SRT

Managing Director Yamaha Motor Racing Lin Jarvis mengatakan, Rossi sudah sangat lama berada di Yamaha dan tetap menjadi bagian yang sangat penting untuk Yamaha.

Valentino Rossi saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)LLUIS GENE Valentino Rossi saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

"Dia sudah menjalani 15 musim dengan tim pabrikan Yamaha. Itu cukup luar biasa. Dia melakukannya dalam dua bagian, pertama tujuh tahun (2004-2010), sebelum dia mengambil rehat dua tahun (gabung dengan Ducati pada 2011-2012), lalu delapan tahun ketika dia kembali (2013)," ujar Lin Jarvis, dikutip dari Motorsport.com.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lin Jarvis menambahkan, akan ada perubahan dan tidak diragukan pindah ke tim lain akan berbeda. Tapi, di sisi lain, tidak akan berbeda karena Rossi masih mendapat dukungan penuh dari Yamaha.

Baca juga: Valentino Rossi Disebut Akan Berjaya di MotoGP 2021

"Dia akan mengendarai motor pabrikan dengan spesifikasi yang sama seperti pebalap pabrikan. Memang benar beberapa pengembangan akan dipimpin oleh tim pabrikan, tapi Valentino adalah bagian yang sangat penting dalam pengumpulan data kami," kata Lin Jarvis.

Valentino Rossi saat berlaga di MotoGP Eropa.AFP/JOSE JORDAN Valentino Rossi saat berlaga di MotoGP Eropa.

Menurutnya, memiliki banyak pebalap di trek sangat penting. Para teknisi pun akan melihat data dari Fabio Quartararo, Maverick Vinales, dan Rossi, untuk mengembangkan motor pabrikan.

"Tapi, kami juga mendapat informasi menarik dari Franco Morbidelli. Jadi, menurut saya tidak akan berubah banyak, tidak akan menjadi defisit, dan tidak akan mengubah begitu banyak bagaimana kami mengembangkan motor," ujar Lin Jarvis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.