Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Tongkrongan SUV Premium Hyundai Palisade

Kompas.com - 28/12/2020, 18:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Palisade merupakan salah satu kendaraan berjenis sport utility vehicle (SUV) premium baru yang hadir pada tahun ini di bawah bendera PT Hyundai Motors Indonesia (HMID).

Dipasarkan dalam tiga varian dengan pilihan mesin diesel, model ini mencoba menyasar kaum menengah ke atas yang biasanya digandrungi oleh Toyota Fortuner maupun Mitsubishi Pajero Sport.

"Masyarakat Indonesia menerima Palisade dengan sangat baik. Selama diperkenalkan pada pameran virtual beberapa waktu lalu sudah ada 36 pemesan," kata Managing Director HMID, Makmur, belum lama ini.

Baca juga: Kurang Puas, Hyundai Indonesia Mau Hadirkan Kejutan Tahun Depan

SUV Hyundai Palisade SUV Hyundai Palisade

Respon baik tersebut, lanjut dia, tidak lepas dari beragam keunggulan yang ditawarkan. Mulai dari desain yang menarik, fitur lengkap, sampai kenyamanan serta ketangguhannya.

Guna membuktikan klaim ini tim Kompas.com mendapat kesempatan untuk langsung melihat lebih dekat dan melaksanakan first drive Palisade. Hanya saja, waktu yang diberikan cukup terbatas mengingat jumlah antrean media lain dan penerapan protokol kesehatan.

Pertama, dari sisi eksterior mobil hadir dengan nuansa yang cukup tegas dan dinamis melalui desain mengotak. Tapi, mobil tidak terlihat 'kuno' imbas hadirnya beberapa lekukan, sentuhan krom, dan fitur terkini.

Palisade hadir dengan desain gril berukuran besar khas SUV Hyundai lainnya dan disandingkan LED headlamp composite yang terpisah dengan kap berbentuk tipis nan panjang. Lampu seinnya juga dibuat beda sehingga atraktif.

Baca juga: [VIDEO] Menjajal SUV Premium Korsel Hyundai Palisade Signature AWD

SUV Hyundai PalisadeKOMPAS.com/Ruly SUV Hyundai Palisade

Pada bagian samping, baluran krom tetap diberikan di antaranya di atas dan bawah jendela, roof rail, dan side skirt. Sehingga, walau tak banyak hal yang memanjakan mata tapi masih ada kesan modern dan kokoh.

Adapun bagian kaki-kaki, mobil tidak tampil dengan over fender besar. Sebab, ukuran pelek yang digunakan sudah cukup bongsor yaitu 18 inchi dan 20 inchi bagi varian tertinggi.

Sementara di bagian belakang, terdapat lampu vertikal dengan tampilan unik beserta garis krom pada bemper. Tulisan Palisade berdiri tegak di bawah kaca belakang.

Interior Hyundai Palisade Interior Hyundai Palisade

Nuansa mewah semakin terlihat ketika kami masuk ke kabin Palisade karena mobil sudah dipasangkan jok berlapis kulit Nappa. Jok pun dijahit dengan beragam aksen sehingga memberi kesan empuk dan sudah dilengkapi captain seat pada baris kedua.

Tampilan dasbor juga tak kalah modern dengan ragam fitur menarik, belum lagi dibalut dengan aksen woodgrain yang menciptakan kesan luas namun tetap elegan.

Prihal akomodasi dan hiburan, jangan diragukan lagi. Mobil tampak amat memperhatikan penumpang baris pertama dan kedua. Ini terbukti dari hadirnya pengaturan AC di baris kedua dan port USB lengkap di 7 titik.

Interior Hyundai PalisadeKOMPAS.com/Ruly Interior Hyundai Palisade

Tak hanya itu, pengendara juga dimanjakan dengan adanya pilihan empat mode berkendara, Comfort, Eco, Sport, dan Smart untuk menggunakan algoritma pembelajaran yang secara otomatis menyesuaikan interval perpindahan gigi berdasarkan pola berkendara dari pengemudi.

Hyundai juga melengkapi Palisade dengan Multi-Terrain Control dapat diaktifkan hanya tekan tombol untuk beralih dari Drive Mode dan Terrain Mode.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com