KTM Kencang di 2020, Pol Espargaro Remehkan Peran Dani Pedrosa

Kompas.com - 23/12/2020, 18:31 WIB
|

JEREZ, KOMPAS.com - Musim 2020 merupakan tahun kebangkitan KTM di MotoGP. Kesuksesan pebalapnya membuka mata dunia balap mengenai potensi KTM sesungguhnya.

Sepanjang 2020 KTM beberapa kali naik podium. Baik dari tim pabrikan maupun tim satelit. Musim depan KTM juga kehilangan jatah konsesi akibat performa apiknya di 2020.

Banyak pihak yang menilai kesuksesan KTM pada musim 2020 berkat jasa Dani Pedrosa yang berhasil membuat RC16 lebih mudah dikendarai. Tapi hal itu kemudian ditolak Pol Espargaro.

Baca juga: KTM Makin Kompetitif, Petrucci Bahagia Dipecat Ducati

Pol Espargaro saat berlaga di MotoGP Eropa. (Photo by JOSE JORDAN / AFP)JOSE JORDAN Pol Espargaro saat berlaga di MotoGP Eropa. (Photo by JOSE JORDAN / AFP)

Pebalap yang tahun depan pindah ke Repsol Honda tersebut mengatakan, lompatan besar KTM terjadi sebelum datangnya Pedrosa, yakni pada 2017 bukan 2020. 

"Tidak ada salahnya dia diberi banyak pujian, karena (Pedrosa) memiliki kualitas dan merupakan pebalap legendaris. Tapi menurut saya evolusi paling penting terjadi dalam dua tahun pertama, sebelum kedatangannya," katanya mengutip Corsedimoto, Rabu (23/12/2020).

Pol mengatakan, KTM bisa seperti sekarang tak lepas dari jasa beberapa orang. Mulai dari Bradley Smith, Alex Hoffman dan Mika Kallio yang bekerja hampir tak terdeteksi kompetitor.

“Semua orang membicarakan lompatan yang dilakukan KTM tahun ini, tetapi langkah terbesar diambil di tahun pertama (2017),” kata Pol.

Baca juga: Suzuki Ingin Joan Mir Pakai Nomor 1 di MotoGP 2021

Dani Pedrosa, Sabtu (4/5/2019)Dok. MotoGP Dani Pedrosa, Sabtu (4/5/2019)

Pol juga memberikan kredit kepada kepada para insinyur yang bekerja mengembangkan proyek RC16. Musim 2020, Pol lima kali podium dan sekali pole position.

“Musim ini sangat fantastis. Kami tidak pernah menyangka saat lockdown pertama kali kami akan mengalami musim seperti ini," katanya.

"Anda harus berterima kasih kepada Dorna dan semua pihak yang merupakan bagian dari MotoGP karena telah menyelenggarakan kejuaraan ini," kata Pol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.