Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susul Hyundai, Kia Siapkan MPV Pesaing Avanza dan Xpander

Kompas.com - 19/12/2020, 07:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai, belum lama ini dikabarkan bakal meluncurkan Staria yang bakal mengisi segmen MPV. Apabila nanti benar-benar hadir di Indonesia, Hyundai Staria bakal jadi pesaing serius Toyota Avanza maupun Mitsubishi Xpander.

Mengetahui kabar ini, merek Kia tampaknya tidak tinggal diam dengan rencana peluncuran sebuah MPV baru yang akan hadir pada awal 2022.

Dilansir dari Autocar India, Kia kabarnya tengah menyiapkan MPV ukuran sedang yang sama sekali baru dengan pilihan mesin bensin dan diesel.

Baca juga: Anomali Mobil Elektrifikasi di Tengah Pandemi

 

Bocoran calon MPV baru Kia.https://cdni.autocarindia.com/ Bocoran calon MPV baru Kia.

Mobil ini disebut-sebut punya panjang di antara Suzuki Ertiga dan Toyota Kijang Innova. Artinya, bisa dipastikan bahwa MPV Kia terbaru ini akan berdimensi lebih kecil dari Grand Sedona.

Secara basis, mobil ini kabarnya akan mengusung platform milik Kia Seltos dengan beberapa penyesuaian. Tak heran secara fitur, diprediksi juga bakal mirip dengan SUV tersebut.

Urusan dapur pacu, MPV Kia varian bensin mengusung mesin 1.500 cc bertenaga 115 ps atau setara 113 tk dan torsi 144 Nm.

Baca juga: Mengapa Truk dan Bus Jarang Gunakan Lajur Paling Kiri di Tol?

 

KIA Seltos dibawa ke luar kota untuk pengujian konsumsi BBMKompas.com KIA Seltos dibawa ke luar kota untuk pengujian konsumsi BBM

Sementara untuk varian diesel, menggunakan mesin 1.500 cc dengan tenaga yang sama sekitar 115 ps atau setara 113 tk, namun dengan torsi maksimal 250 Nm.

Untuk diketahui, kedua mesin ini sebetulnya sudah tersedia. Mesin bensinnya merupakan milik Sonet yang sudah meluncur di Indonesia. Sedangkan mesin diesel-nya kepunyaan Seltos di India.

Melihat figur tenaga dari mesin tersebut, tampaknya calon MPV Kia bakal cocok bersaing di segmen Low MPV Tanah Air.

Meskipun secara dimensi kabarnya akan tergolong besar, mungkin seukuran Xpander. Adapun di India, calon MPV ini kabarnya memiliki ukuran yang serupa dengan Mahindra Marazzo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com