Cuci Motor Listrik, Wajib Perhatikan Bagian Ini

Kompas.com - 18/12/2020, 17:22 WIB
Motor Listrik United T1800 Foto: APHIT McKleinMotor Listrik United T1800

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor listrik tentunya membutuhkan perawatan dan perhatian yang berbeda dengan motor konvensional atau motor bensin. Tak terkecuali saat mencucinya.

Banyak yang beranggapan bahwa motor listrik tidak perlu dicuci. Sebab, takut komponen kelistrikannya terkena air dan terjadi korsleting.

Baca juga: Kekhawatiran Orang bila Pindah ke Motor Listrik

Reza Rezdie, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, sebenarnya cara mencucinya tidak jauh berbeda dengan mencuci motor biasa. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Viar New Q1Kompas.com/Donny Viar New Q1

“Jok harus tertutup rapat dan tempat kabel charging juga harus tertutup rapat. Selebihnya sih sama seperti motor biasa,” kata Reza, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Namun, ada beberapa bagian yang perlu diperhatikan jika pemilik motor listrik ingin mencuci motornya di tukang cuci steam. Jangan sampai ada bagian kelistrikan yang terbuka.

Baca juga: Cara Akali Baterai Motor Listrik untuk Perpanjang Usia Pakai

Viar New Q1Kompas.com/Donny Viar New Q1

Abdul, teknisi Viar, mengatakan, ada beberapa bagian yang memang tidak boleh disemprot air dengan tekanan tinggi.

"Misal, mencuci dengan kompresor perlu diperhatikan untuk daerah controller. Tidak boleh dengan tekanan tinggi," ujar Abdul.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X