Masih Abai dengan Pentingnya Sabuk Pengaman dalam Menjaga Keselamatan?

Kompas.com - 12/12/2020, 10:02 WIB
Penumpang tanpa sabuk pengaman, terekam kamera terlempar keluar mobil saat kecelakaan terjadi, di China. Dailymail.co.ukPenumpang tanpa sabuk pengaman, terekam kamera terlempar keluar mobil saat kecelakaan terjadi, di China.

JAKARTA, KOMPAS.com – Setiap mobil baru yang dipasarkan saat ini, pasti sudah dilengkapi dengan kelengkapan keselamatan, sabuk pengaman. Fungsi dari sabuk pengaman atau keselamatan ini, adalah menjaga penumpang atau pengemudi agar tetap di bangku atau jok saat terjadi kecelakaan.

Namun, sayang masih ada saja orang yang meremehkan kemampuan sabuk pengaman dan lebih berserah diri pada takdir. Biasanya, ada pengemudi atau penumpang kendaraan yang  hanya memakai sabuk keamanan jika ada Polisi. Ada juga yang memakainya sekadar dikalungkan saja bagian atas sabuk alias tidak sesuai prosedur keselamatan semestinya.

Training Director Safety Defensive Consulting Indonesia Sony Susmana mengatakan, sabuk pengaman atau safety belt wajib digunakan oleh semua penumpang yang ada di kabin mobil, bukan hanya di pengemudi dan penumpang depan.

Baca juga: DFSK Tekankan Kembali Fitur Hill Hold Control pada Konsumen

seat beltgahighwaysafety.org seat belt

Karena jika terlibat dalam kecelakaan, penumpang yang tidak memakai safety belt bisa terlempar sehingga memperparah cederanya. Selain itu memakai safety belt juga harus benar agar mengurangi cedera.

Safety belt terdiri dari tiga titik, shoulder dan lap, pastikan penempatannya benar. Artinya sabuk menopang dua tulang yang terkuat, yaitu bahu dan pinggul,” ucap Sony kepada Kompas.com, Jumat (11/12/2020).

Baca juga: Perkembangan Gugatan Rp 8,9 Miliar pada Glory 580, Ini Kata DFSK

Kemudian, pemakaian safety belt harus rendah (di bawah perut), rata (tidak melintir) dan rapat (menempel erat). Kemudian setelah dipasang, shoulder belt harus ditarik ke atas sehingga rapat dengan dada.

“Penggunaan safety belt yang salah atau bahkan tidak digunakan, akan mencederai penumpang lain yang menggunakan sabuk pengaman saat terjadi kecelakaan,” kata Sony.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X