Generasi Kedua Mobil Hidrogen Toyota Mirai Resmi Meluncur

Kompas.com - 10/12/2020, 14:02 WIB
Toyota Mirai Gen II https://global.toyota/Toyota Mirai Gen II
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS. com - Toyota resmi merilis generasi kedua dari Mirai untuk pasar Jepang. Sedan berbahan bakar hidrogen atau Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) ini dipasarkan dalam dua varian, yakni G untuk varian standar dan Z untuk model tertingginya.

Untuk Mirai G dipasarkan sebesar 7,1 juta Yen atau bila dicarikan dalam rupiah kurang lebih berkisar Rp 960 jutaan. Sementara varian tertingginya, 8,05 juta Yen atau sekitar Rp 1 miliar lebih.

Seperti diketahui, Mirai generasi kedua hadir dengan mengunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Salah satu ubahannya ada di sektor sel bahan bakar yang kini ditempatkan di bawah kap mesin.

Selain itu, dimensinya pun kini lebih melar dari pendahulunya dengan panjang 4.975 (+85 mm), lebar 1.885 (+70mm), tinggi 1.470 (-65mm). Sementara sumbu rodanya juga meningkat 140 mm.

Toyota Mirai Gen IIhttps://global.toyota/ Toyota Mirai Gen II

Baca juga: Baru Meluncur, Nissan Magnite Catat 5.000 Pemesanan

Dibandingkan versi sebelumnya, Toyota Mirai generasi terbaru juga memiliki jangkauan daya jelajah yang lebih jauh, yakni 850 km, atau 30 persen lebih jauh dari versi sebelumnya yang hanya 650 km.

Hal ini tak lepas dari adanya penambahan tangki untuk penyimpanan bahan bakar hidrogen yang jumlahnya kini menjadi tiga.

Menariknya, meski tangki bahan bakar lebih banyak, namun hal tersebut tak mempengaruhi sisi kelapangan interior Mirai. Tata letak sel bahan bakar tersebut telah dikemas ulang dan memungkinkan untuk dijadikan tempat duduk tambahan pada baris kedua.

Toyota Mirai Gen IIhttps://global.toyota/ Toyota Mirai Gen II

Melansir dari Toyota Global, hadirnya Mirai generasi baru ditargetkan akan menciptakan pola pikir baru, yakni mobil premium yang akan membuat pelanggan berpikir bahwa ini adalah mobil berkualitas tinggi yang benar-benar diinginkan setelah melihatnya.

Saat mengemudi dan setelah mereka menyelesaikan perjalanan sambil mempertanyakan statunya sebagai FCEV.

Ragam fitur modern disematkan oleh Toyota untuk memanjakan pengnedara dan penumpangnya. Mulai dari perangkant Toyota Safety Sense terbaru yang telah memiliki Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) serta Pre-Collision System yang lebih cerdas bersama sensor deteksi pejalan kaki.

Baca juga: Subsidi Tidak Efektif Dorong Peralihan Elektrifikasi Kendaraan

Toyota Mirai Gen IIhttps://global.toyota/ Toyota Mirai Gen II

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X