Lebih Awet Mana Knalpot Bahan Krom atau Stainless?

Kompas.com - 10/12/2020, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini dipasaran sudah banyak beredar knalpot aftermarket yang berbentuk hampir sama dengan bawaan pabrik. Dari bahan pun beragam, ada yang stainless dan krom.

Lantas mana yang lebih awet, knalpot dengan bahan stainless atau krom?

Irmadiani, pemilik bengkel spesialis knalpot Sangapta Jaya Motor, mengatakan, leher knalpot berbahan stainless jauh lebih kuat alias tahan lama jika dibandingkan dengan yang berbahan krom.

Baca juga: Cegah Kusam pada Bodi Mobil saat Musim Hujan

“Stainless adalah bahan yang sangat kuat, tidak gampang berubah struktur materialnya dan yang terpenting anti karat,” ujar Irma saat dihubungi Kompas.com, Rabu (9/12/2020).

Ilustrasi air keluar Ilustrasi air keluar

Sedangkan knalpot berbahan chrome biasanya berbahan dasar dari drum bekas. Efek pemanasan dan pendinginan yang berlangsung terus menerus akan dengan mudah mengubah material bahan dari knalpot itu sendirI.

Baca juga: Cara Aman Menghadapi Pengendara yang Nyelonong Keluar dari Gang      

Belum lagi jika terjadi uap air yang dengan cepat akan menyebabkan korosi yang dapat mengakibatkan kebocoran pada knalpot.

Perihal harga, Irma mengatakan knalpot berbahan stainless memang jauh lebih mahal ketimbang yang berbahan chrome.

“Untuk knalpot berbahan stainless, kita ambil contoh mobil Jepang seperti Avanza untuk ganti muffler itu mulai dari Rp 750.000 - Rp 950.000, tergantung muffler yang dipilih. Sedangkan untuk chrome hanya Rp 100.000 - Rp 200.000, ” kata Irma.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.