Harga Tiket Bus Jelang Akhir Tahun, Naik Mulai Rp 20.000

Kompas.com - 08/12/2020, 16:42 WIB
Sejumlah warga membawa barang bawaan menuju bis antar provinsi untuk mudik lebih awal di Terminal Bus Pakupatan, Serang, Banten, Kamis (23/4/2020). Meski pemerintah melarang mudik lebaran tahun 2020, sejumlah warga tetap pulang ke kampung halamannya sebelum puasa dengan alasan sudah tidak ada pekerjaan meski nantinya harus menjalani isolasi mandiri. ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMANSejumlah warga membawa barang bawaan menuju bis antar provinsi untuk mudik lebih awal di Terminal Bus Pakupatan, Serang, Banten, Kamis (23/4/2020). Meski pemerintah melarang mudik lebaran tahun 2020, sejumlah warga tetap pulang ke kampung halamannya sebelum puasa dengan alasan sudah tidak ada pekerjaan meski nantinya harus menjalani isolasi mandiri.

JAKARTA, KOMPAS.com – Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 biasanya menjadi salah satu momen meningkatnya pengguna bus antar kota antar provinsi (AKAP), selain libur Lebaran. Di akhir tahun juga menjadi saatnya perusahaan otobus menyegarkan armadanya.

Walaupun di Indonesia masih mengalami pandemi Covid-19, tidak sedikit warganya yang tetap ingin berlibur di akhir tahun, tentunya tetap mengikuti protokol kesehatan. Oleh karena itu, berbagai PO bus juga turut sedikit menaikkan harga tiketnya.

Pemilik PO Sumber Alam, Anthony Steven Hambali mengatakan, untuk tiket bus akhir tahun, mulai 23 Desember 2020 sampai 3 Januari 2021, semua trayek bus PO Sumber Alam akan mengalami kenaikan harga.

Baca juga: Dokter Sebut Tulang Lengan Marquez yang Infeksi Harus Dipangkas

Pulogebang, Jakarta Timur pada Rabu 22 April. Imam Safii Pulogebang, Jakarta Timur pada Rabu 22 April.

“Kami naikkan Rp 20.000 saja selama 23 Desember 2020 sampai 3 Januari 2021. Ini juga berlaku untuk Social Distancing Bus,” kata Anthony kepada Kompas.com, Selasa (8/12/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Misalnya untuk sekarang, trayek Yogyakarta – Jakarta milik PO Sumber Alam tiketnya dihargai Rp 180.000 maka di akhir tahun menjadi Rp 200.000. Begitu juga PO bus AKAP lainnya, akan menaikkan harga tiketnya.

“Untuk Sinar Jaya trayek Jakarta – Semarang sampai sekarang masih belum ada info. Cuma kalau diakhir tahun biasanya akan ada kenaikan sekitar Rp 20.000,” ucap salah satu agen PO Sinar Jaya di Jakarta.

Baca juga: Diskon Low SUV Akhir Tahun, Toyota Rush Rp 10 Juta, Honda BR-V Rp 20 Juta

Begitu juga jika ingin bepergian ke daerah Jawa Timur, tepatnya Surabaya. Ada sedikit tambahan untuk harga tiket jika ingin bepergian dengan bus dari Jakarta ke Surabaya, sekitar Rp 50.000.

“Untuk VIP Rp 325.000 sedangkan Eksekutif Rp 355.000. Ini sudah harga akhir tahun, naiknya Rp 55.000 dari harga biasanya,” kata salah satu agen bus PO Harapan Jaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.