Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sean Gelael Akhiri F2 2020 dengan Finis di Depan Sang Juara

Kompas.com - 07/12/2020, 09:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim F2 2020 telah berakhir. Pebalap Indonesia milik tim DAMS Sean Gelael berhasil finis di depan sang juara yang juga sahabatnya, Mick Schumacher.

Kejuaraan FIA Formula 2 musim ini adalah kelima secara penuh bagi Sean. Dia mengawalinya dengan baik pada tes pramusim.

Namun, ketika di paruh musim sedang berjuang meneruskan peraihan poin, andalan Team Jagonya Ayam itu mengalami cedera tulang belakang di Barcelona, Spanyol.

Sean pun harus istirahat dan kembali ke Jakarta. Kursinya di tim DAMS diisi oleh pebalap Estonia, Juri Vips.

Baca juga: Joan Mir Sebut MotoGP Austria 2020 Jadi Titik Baliknya

Sean comeback di Bahrain untuk mengikuti dua seri terakhir, seri Bahrain dan Sakhir, di sirkuit yang sama walau berbeda layout.

Sean mengaku sangat menikmati balapan terakhir, Race 2 hari Minggu (6/12/2020). Dia benar-benar tanpa beban hingga bisa meraih beberapa posisi.

BAHRAIN, BAHRAIN - DECEMBER 04: Sean Gelael of Indonesia and DAMS (1) drives during practice ahead of Round 12:Sakhir of the Formula 2 Championship at Bahrain International Circuit on December 04, 2020 in Bahrain, Bahrain. (Photo by Dan Istitene - Formula 1/Formula 1 via Getty Images)Dan Istitene - Formula 1 BAHRAIN, BAHRAIN - DECEMBER 04: Sean Gelael of Indonesia and DAMS (1) drives during practice ahead of Round 12:Sakhir of the Formula 2 Championship at Bahrain International Circuit on December 04, 2020 in Bahrain, Bahrain. (Photo by Dan Istitene - Formula 1/Formula 1 via Getty Images)

Meski begitu, drama yang terjadi pada perburuan gelar juara F2 musim ini ikut dirasakan oleh Sean.

Mick yang sempat ada di posisi dua, sementara rival utamanya, Callum Ilott, di P4. Mick terpaksa masuk pit karena ban hard-nya aus akibat melakukan pengereman keras di awal balapan. Mick masuk ke trek lagi di P20 dan tanpa poin.

Untuk jadi juara, Ilott butuh memenangi balapan. Namun dia pun kehabisan ban sehingga terpaksa finis di P10 yang berarti tanpa poin.

Baca juga: Jangan Nekat, Kenali Batas Aman Motor Terabas Banjir

Mick sendiri hanya bisa naik dua posisi dan finis di P18, sementara Sean P17. Menjelang finis, Mick terus mendekati Sean tapi gagal menyusul. Sean pun mengakhiri 2020 dengan finis di depan sang juara.

"Lega 2020 telah berakhir. Terima kasih untuk semua yang telah mendukung saya selama ini. Tak lupa selamat untuk teman baik saya Mick, sebagai juara F2 yang baru," kata Sean dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Minggu (6/12/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com