Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fatalitas Kecelakaan di Jalan Tol Tinggi, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 05/12/2020, 17:12 WIB
Ari Purnomo,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Fatalitas kecelakaan lalu lintas yang terjadi di ruas tol cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan di jalan raya.

Kondisi ini terlihat berdasarkan jumlah korban yang diakibatkan dari insiden tersebut, di mana seringkali menimbulkan korban meninggal di lokasi kejadian.

Seperti yang terjadi di ruas tol Cipali beberapa waktu lalu dengan jumlah korban meninggal dunia mencapai 10 orang. 

Menurut Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana hal tersebut disebabkan dua faktor utama.

Baca juga: Ini 14 Provinsi yang Bebaskan Denda Pajak Kendaraan Jelang Akhir 2020

Pertama, adalah kurang tegasnya penegakan hukum terhadap pelanggar lalu lintas selama ini. Selain itu juga cara berkendara yang semakin mengesampingkan aspek keselamatan.

Sebuah kecelakaan beruntun terjadi di Veria, Yunani pada 5 Oktober 2014Ververidis Vasilis/Shutterstock Sebuah kecelakaan beruntun terjadi di Veria, Yunani pada 5 Oktober 2014

“Jumlah kecelakaan lalu lintas dari tahun ke tahun naik turun, tapi fatalitasnya bertambah, ini terjadi akibat dari dua hal, pertama kurang tegasnya penegakan hukum dan cara pengemudi dalam berpikir (artinya mengutamakan ego dengan mengesampingkan keselamatan atau nyawa),” kata Sony kepada Kompas.com, Sabtu (5/12/2020).

Sony menambahkan, kurang tegasnya penindakan ini seperti yang terjadi akhir-akhir ini. Di mana masyarakat yang melakukan pelanggaran justru berani berdebat, bahkan hingga main fisik terhadap petugas.

“Kita lihat belakangan ini, banyak sekali postingan-postingan di media-media sosial, masyarakat sebagai pelanggar kadang dilepaskan dengan pertimbangan sosial, kadang berani berdebat, kadang memaki-maki bahkan main fisik dengan petugas,” ujarnya.

Baca juga: Ingat, Penghapusan Denda Bukan Berarti Bebas Pajak Kendaraan

Menurutnya, hal itu menjadi preseden buruk dalam pembelajaran dan penegakan hukum, petugas dimata mereka dianggap sebelah mata.

Ilustrasi kecelakaan mobil.SHUTTERSTOCK Ilustrasi kecelakaan mobil.

“Memang terlihat sepele, tapi dampaknya besar, terhadap perilaku pengemudi kedepannya. Itu kenapa semakin hari pengemudi semakin berani di jalan raya, karena ada celah untuk berulah, toh nanti bisa minta maaf atau damai,” tuturnya.

Yang kedua, Sony menambahkan, perilaku pengemudi yang meremehkan aspek keselamatan selama berkendara.

Baca juga: Bayar Pajak Kendaraan Tanpa Harus ke Samsat, Begini Caranya

“Banyak pengemudi yang merasa kepentingan dia paling nomor satu yang lain diabaikan, akibat perilakunya nyawa orang lain tidak dipikirkan,” ucapnya.

Selain itu, juga minimnya edukasi berkendara yang aman di jalan raya juga menjadi salah satu faktornya.

“Kurangnya edukasi berkendara yang aman kadang membawa permasalahan keluarga ke jalan raya. Di perusahaan asing atau migas, tingkat kecelakaannya zero, karena setiap tahun mereka wajib merefresh safety working-nya,” kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com