Berkendara Jarak Jauh, Jangan Pasang Target Cepat Sampai

Kompas.com - 04/12/2020, 19:11 WIB
Ilustrasi mudik SHUTTERSTOCKIlustrasi mudik
Penulis Ari Purnomo
|

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir tahun menjadi momen yang banyak ditunggu oleh masyarakat untuk berlibur atau mudik.

Melakukan perjalanan jarak jauh di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, kendaraan pribadi memang menjadi alternatif untuk mencegah penularan virus Corona.

Apalagi, jika perjalanan saat mudik atau berlibur bersama beberapa anggota keluarga yang tentunya akan lebih nyaman ketika menggunakan mobil pribadi.

Tetapi, ada yang perlu diperhatikan selama berkendara jarak jauh selain tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, yakni tidak menargetkan cepat sampai.

Baca juga: Ini 14 Provinsi yang Bebaskan Denda Pajak Kendaraan Jelang Akhir 2020

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia ( SDCI) Sony Susmana mengatakan, yang perlu dihindari ketika melakukan perjalanan jarak jauh adalah menargetkan waktu perjalanan.

Ilustrasi berkendara saat ngantuk dan lelahhuffingtonpost.com Ilustrasi berkendara saat ngantuk dan lelah

Menurutnya, ketika berkendara dengan keinginan cepat sampai di lokasi tujuan justru tidak baik dan akan mengganggu mood selama di perjalanan.

“Keinginan cepat sampai itu akan mengganggu mood, sebaiknya selama berkendara tetap menjaga kecepatan dan mengikuti aturan lalu lintas yang berlaku,” kata Sony kepada Kompas.com, Jumat (4/12/2020).

Jika pengemudi memasang target untuk cepat lokasi dalam waktu tertentu akan berpengaruh terhadap psikis yakni pengemudi menjadi stres.

Baca juga: Ditilang, SIM Juga Bisa Dicabut Ini Aturannya

Terlebih, jika target yang dipasang untuk sampai di lokasi tidak sesuai atau lebih lama dari yang diharapkan.

Mengingat selama perjalanan tidak bisa diprediksi apa yang akan terjadi, misalkan saja terjebak dalam kepadatan lalu lintas atau mengalami kendala yang tidak diinginkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X