Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enggan Pindah ke Suzuki, Petronas Tetap Pilih Bareng Yamaha

Kompas.com - 04/12/2020, 15:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kontrak Petronas Yamaha SRT dengan Dorna Sports diketahui akan berakhir pada tahun 2021. Namun rumor yang berkembang menyatakan Petronas Yamaha SRT berniat memperpanjang kontrak partisipasi mereka di MotoGP dengan Dorna Sport hingga tahun 2026.

Manajer tim Petronas Yamaha SRT Wilco Zeelenberg membenarkan hal tersebut, ia mengaku pihaknya akan tetap bekerja sama dengan Yamaha untuk tahun 2022.

Baca juga: Land Cruiser Model 2021 Bakal Pakai Mesin Baru dan Sasis TNGA

“Kami yakin 99 persen akan tetap bekerja sama pada 2022. Petronas ingin melanjutkan kerja sama dengan Yamaha, dan ingin menandatangani kontrak lima tahun dengan Dorna sampai 2026. Hasil kerja sama kami pun baik," ucap Zeelenberg dikutip Speedweek, Jumat (4/12/2020).

Zeelenberg mengatakan sudah mulai mengerjakan hal-hal terkait kebutuhan MotoGP 2022. Namun dirinya menyadari bahwa keputusan akhir berada di tangan Petronas sebagai sponsor utama SRT.

YZR-M1 milik tim Petronas Yamaha SRTKOMPAS.com/Ruly YZR-M1 milik tim Petronas Yamaha SRT

“Kami menyadari ini bukan tim pabrikan, dan kami sudah punya satu kejelasan. Jika Petronas berkata tidak pada Yamaha, maka kerja sama akan berakhir. Tapi kami tengah mengerjakan masa depan, dan sisanya akan terlihat nanti," ucapnya.

Jika pada akhirnya tim V46 benar-benar jadi tim satelit Yamaha pad 2022 dan Yamaha tetap pada pendiriannya meneruskan tradisi hanya menurunkan empat rider, maka SRT bisa jadi beralih ke pabrikan lain.

Baca juga: Jajal Yamaha Gear 125, Libas Perkotaan Sampai Naik Bukit

Suzuki bisa menjadi opsi kuat untuk saat ini, sebab mereka kompetitif dan sedang dalam pencarian tim satelit untuk 2022.

Namun Zeelenberg menegaskan tidak mungkin ada perpisahan begitu saja dengan Yamaha. Sebab melihat hasil sepanjang 2020 di mana Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli meraih tiga kemenangan merupakan bukti dari kerja sama yang baik.

“Saya ragu membentuk jalinan kerja sama dengan pabrikan lain. Terbukti tahun ini kami meraih enam kemenangan dengan Yamaha. Tapi kita harus realistis pada semua opsi. Ini MotoGP, jika ada suatu yang menarik, kami sebagai tim satelit harus mempertimbangkannya,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com