Tesla Siap Rilis Teknologi Berkendara Otonom Akhir Tahun Ini

Kompas.com - 30/11/2020, 19:01 WIB
Tesla Model 3 Tesla Model 3
|

JAKARTA, KOMPAS.comTesla kabarnya akan merilis fitur Self-Driving Beta pada akhir tahun 2020. Fitur ini merupakan teknologi berkendara otonom yang sudah dikembangkan sejak beberapa tahun yang lalu.

Pembaruan perangkat lunak pada kendaraan Tesla memungkinkan orang-orang dapat berkendara tanpa mengoperasikan setir dan pedal gas.

Dilansir dari Electrek, Senin (330/11/2020), Tesla pertama kali merilis perangkat lunak Self-Driving Beta pada bulan lalu, khusus bagi beberapa pemilik untuk menguji fitur tersebut.

Baca juga: Resmi, Ini Daftar Tim dan Pebalap MotoGP 2021

Fitur ini memungkinkan mobil melakukan manuver-manuver secara mandiri di perkotaan. Singkatnya, sistem autopilot bakal aktif ketika sistem self-driving diaktifkan.

CEO Tesla Elon Musk, mengatakan, pihaknya berencana merilis teknologi ini sekitar dua pekan lagi. Hal ini ia ungkap dalam akun Twitter @elonmusk, saat menjawab pertanyaan dari akun @dburkland.

Meski begitu, ia tak merinci seperti apa pembaruan teknologi itu. Termasuk, negara-negara mana saja yang sudah bisa menerapkan Self-Driving Beta.

Baca juga: Biaya Kepemilikan Serena C27 Selama 5 Tahun, per Hari Rp 26 Ribuan

Ilustrasi mobil otonomos atau self-driving Tesla. Ilustrasi mobil otonomos atau self-driving Tesla.

Kehadiran fitur terbaru ini tentu jadi kabar baik bagi kemajuan industri otomotif. Pasti akan banyak orang-orang di dunia yang bakal menggunakan fitur ini untuk berkendara sehari-hari.

Namun di lain sisi, kehadiran fitur ini dapat berbahaya bagi keselamatan berkendara.
Tesla pun harus meyakinkan khalayak bahwa teknologi ini benar-benar aman digunakan, meski tanpa pemantauan sama sekali.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X