Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2020, 12:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa kalangan pengguna sepeda motor gemar bereksperimen perihal penggunaan pelumas mesin. Salah satunya adalah percobaan menggunakan pelumas mesin mobil untuk digunakan pada motor matik.

Lantas, apakah hal ini bisa dilakukan?

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi mengatakan, menggunakan oli mobil untuk motor matik boleh saja dilakukan dengan catatan pelumas punya tingkat kekentalan sama.

Baca juga: Berkaca Kecelakaan Ambulans Vs Polisi, Minim Kesadaran Pengguna Jalan

Oli sepeda motor biasanya menggunakan standarisasi JASO (Japan Automobile Standard Organization), dan ada keterangan JASA MA atau MB. Kode di belakang JASO diperuntukan untuk oli tersebut.

JASO MA untuk sepeda motor dengan kopling basah, maksudnya motor dengan kontruksi rumah kopling terendam oli. Sedangkan untuk JASO MB, sepeda motor kopling kering, seperti scooter matik yang koplingnya tidak terendam oli.

spesifikasi oli motor matik 10W30 LS JASO MBKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda spesifikasi oli motor matik 10W30 LS JASO MB

“Kalau jenis oli dan kekentalalannya sesuai tidak masalah, yang terpenting harus sesuai spesifikasi motor. Misal, motor tersebut menggunakan oli dengan kekentalan SAE 10W-30, jangan memakai oli mobil yang memiliki tingkat kekentalan 40,” ujar Ribut saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (28/11/2020).

Ribut menambahkan, jika tidak sesuai spesifikasi maka akan menimbulkan beberapa masalah pada sepeda motor.

“Kalau terlalu kental, kinerja motor akan semakin berat dan performa berkurang. Sementara kalau terlalu encer menimbulkan risiko gesekan mesin menjadi cepat aus serta akan mempengaruhi kinerja pompa oli,” katanya.

Baca juga: Ingat Ada 7 Pengguna Jalan yang Mendapatkan Prioritas

Menurut Apre, pemilik motor harus memahami kerja mesin motor terlebih dulu sebelum bereksperimen.

Ada perbedaan antara kedua penghasil daya tersebut, untuk motor antara mesin dan transmisi berada dalam satu ruang. Sementara pada mobil, antara mesin dan transmisi berada di tempat terpisah.

Kopling kering tidak terendam pelumas mesin.onlythefew.wordpress.com Kopling kering tidak terendam pelumas mesin.

Transmisi motor biasanya ikut terendam dalam pelumas atau biasa disebut wet clutch. Artinya oli mesin untuk sepeda motor ikut melumasi komponen yang terdapat dalam transmisi.

“Artinya spek oli tidak boleh terlalu licin karena dikhawatiran nantinya antar komponen kopling malah jadi selip. Ini membuat kinerja motor terganggu,” kata Apre.

Selip kopling rentan terjadi di kecepatan tinggi, beban berat, tanjakan. Saat putaran gas dibuka, putaran mesin ikut naik namun roda tidak bisa berputar mengejar putaran mesin.

Baca juga: Mandalika Racing Team Kolaborasi dengan SAG Racing Team

Bisa jadi masalah slip kopling muncul lantaran oli mobil kebanyakan miliki aditif low friction yang memang dibutuhkan saat mesin mobil bekerja.

Pada oli khusus motor, selain untuk melumasi juga berperan untuk pendingin dan untuk mendukung kerja transmisi sehingga formulasinya biasanya sudah disiapkan khusus.

Baik Ribut maupun Apre menyarankan, sebaiknya untuk tetap menggunakan oli dengan spesifikasi yang sesuai dengan yang direkomendasikan dan sesuai peruntukannya, karena jika tidak motor bisa mengalami kerusakan sampai turun mesin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com