Salah Kaprah Motor Matik Pakai Oli Mobil

Kompas.com - 28/11/2020, 12:42 WIB
Ganti Oli Motor Foto: RideapartGanti Oli Motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa kalangan pengguna sepeda motor gemar bereksperimen perihal penggunaan pelumas mesin. Salah satunya adalah percobaan menggunakan pelumas mesin mobil untuk digunakan pada motor matik.

Lantas, apakah hal ini bisa dilakukan?

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi mengatakan, menggunakan oli mobil untuk motor matik boleh saja dilakukan dengan catatan pelumas punya tingkat kekentalan sama.

Baca juga: Berkaca Kecelakaan Ambulans Vs Polisi, Minim Kesadaran Pengguna Jalan

Oli sepeda motor biasanya menggunakan standarisasi JASO (Japan Automobile Standard Organization), dan ada keterangan JASA MA atau MB. Kode di belakang JASO diperuntukan untuk oli tersebut.

JASO MA untuk sepeda motor dengan kopling basah, maksudnya motor dengan kontruksi rumah kopling terendam oli. Sedangkan untuk JASO MB, sepeda motor kopling kering, seperti scooter matik yang koplingnya tidak terendam oli.

spesifikasi oli motor matik 10W30 LS JASO MBKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda spesifikasi oli motor matik 10W30 LS JASO MB

“Kalau jenis oli dan kekentalalannya sesuai tidak masalah, yang terpenting harus sesuai spesifikasi motor. Misal, motor tersebut menggunakan oli dengan kekentalan SAE 10W-30, jangan memakai oli mobil yang memiliki tingkat kekentalan 40,” ujar Ribut saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (28/11/2020).

Ribut menambahkan, jika tidak sesuai spesifikasi maka akan menimbulkan beberapa masalah pada sepeda motor.

“Kalau terlalu kental, kinerja motor akan semakin berat dan performa berkurang. Sementara kalau terlalu encer menimbulkan risiko gesekan mesin menjadi cepat aus serta akan mempengaruhi kinerja pompa oli,” katanya.

Baca juga: Ingat Ada 7 Pengguna Jalan yang Mendapatkan Prioritas

Menurut Apre, pemilik motor harus memahami kerja mesin motor terlebih dulu sebelum bereksperimen.

Ada perbedaan antara kedua penghasil daya tersebut, untuk motor antara mesin dan transmisi berada dalam satu ruang. Sementara pada mobil, antara mesin dan transmisi berada di tempat terpisah.

Kopling kering tidak terendam pelumas mesin.onlythefew.wordpress.com Kopling kering tidak terendam pelumas mesin.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X