Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layani Libur Nataru, Jalan Tol Trans Sumatera Beroperasi 648 Km

Kompas.com - 27/11/2020, 13:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menyambut libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, sejumlah infrastruktur seperti jalan tol baru mulai bisa dipakai masyarakat yang akan bepergian. Tak terkecuali jalan tol Trans Sumatera yang rencananya akan dibangun sepanjang 2.987 km dari Lampung sampai Aceh.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat saat ini sepanjang 648 km ruas tol sudah beroperasi dan siap digunakan untuk libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang jatuh pada 23 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021.

“Untuk mendukung libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) Kementerian PUPR memastikan kesiapan infrastruktur jalan dan jembatan,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dalam keterangan resmi (27/11/2020).

Baca juga: Ariel Noah Pemilik Pertama Motor Rp 1 Miliar, BMW R18

Ilustrasi alan Tol Trans SumateraIstimewa Ilustrasi alan Tol Trans Sumatera

“Hal ini didukung dengan telah bertambahnya ruas jalan tol yang beroperasi dan jalan nasional di Pulau Jawa dan Sumatera yang secara keseluruhan dalam kondisi mantap,” ucap Basuki.

Untuk diketahui, sampai dengan 25 November 2020 sudah beroperasi 9 ruas jalan tol sepanjang 648 km (termasuk ruas yang dikelola PT Jasa Marga dan PT Waskita Toll Road), sementara 643 km masih dalam tahap konstruksi dan sisanya dalam tahap persiapan.

Sembilan ruas JTTS tersebut yakni, ruas tol Bakauheni – Terbanggi Besar (140,4 km), Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (189,4 km), Kayu Agung – Palembang – Betung (Kayu Agung – Jakabring) 29,3 km.

Baca juga: Razia Batas Kecepatan Pakai Speed Gun di Tol Cipali

Ilustrasi jalan Tol Trans SumateraIstimewa Ilustrasi jalan Tol Trans Sumatera

Selanjutnya Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi (62,1 km), Belawan – Medan – Tanjung Morawa (42,7 km), Palembang – Indralaya (21,5 km), Pekanbaru – Dumai: 131,6 km, Medan – Binjai (13 km), dan Sigli – Banda Aceh (Seksi 4 Indrapura – Blang Bintang) 13,5 km.

Untuk menghadapi libur Nataru, Jalan Tol Trans Sumatera tersebut dilengkapi Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) berjumlah 41 TIP.

Kelengkapan lain yang disiapkan di setiap ruas JTTS yakni, mobile reader, mobile top up, dan penjualan kartu perdana uang elektronik pada GT dengan kepadatan lalu lintas tinggi.

Baca juga: Apakah Mobil Harus Diajak Ngebut untuk Jaga Performa Mesin?

Ilustrasi jalan Tol Trans SumateraIstimewa Ilustrasi jalan Tol Trans Sumatera

Selain itu disiapkan juga 37 Toilet Cabin, 26 unit Mobil Tangki Air, 10 Bis Toilet, 20 unit vacum tinja, dan 34 Hidran Umum di lokasi rest area jalan tol dan ruas jalan nasional.

Untuk mengantisipasi keadaan darurat seperti longsor akibat peralihan musim, Kementerian PUPR juga menyiagakan tim tanggap bencana pada titik-titik rawan bencana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com