Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dovi Penasaran Suzuki GSX-RR, Bandingkan dengan Ducati

Kompas.com - 18/11/2020, 13:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

PORTIMAO, KOMPAS.com - Pebalap Suzuki Ecstar Joan Mir sudah mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020, meski balapan masih tersisa satu seri lagi di GP Portimao, Portugal.

Andrea Dovizioso yang musim depan akan vakum dari MotoGP memberikan pujian kepada Mir. Tapi selain itu, pebalap Italia tersebut juga penasaran dengan performa GSX-RR musim ini.

Baca juga: Kelebihan Suzuki GSX-RR, Rahasia Joan Mir Bisa Juara Dunia

“Beberapa dari kami ingin mencoba motor yang memenangkan kejuaraan dunia. Itu normal, semua orang ingin mengerti apa yang membuatnya bisa menang. Saya yang pertama mengakui bahwa hanya karena motor menang, bukan berarti itu sangat bagus," kata Dovi mengutip Tuttomoriweb, Rabu (18/11/2020).

Joan Mir saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)LLUIS GENE Joan Mir saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

Bukan tanpa sebab. Di balik absennya Marc Marquez, Suzuki muncul sebagai kekuatan baru. Selain talenta yang dimiliki Mir, konsistensi GSX-RR di musim ini patut diperhatikan pabrikan lain.

Suzuki dianggap mampu mengembangkan motor yang stabil. Berbanding terbalik dengan beberapa pabrikan yang kesulitan tahun ini, mulai dari Yamaha dan tentu saja Ducati.

Baca juga: Curhat Dovizioso yang Mengaku Kesulitan Jadi Pebalap Ducati

Ducati merupakan pabrikan yang sangat maju di bidang teknologi. Dalam beberapa tahun terakhir, pabrikan Italia ini selalu membuat tren tersendiri di arena balap.

Andrea Doviziosomotogp.com Andrea Dovizioso

Tapi Ducati dianggap terlalu mementingkan teknis. Fokus pada aerodinamika dan teknologi lain yang dianggap malah kurang membantu saat memakai ban Michelin yang baru.

Segala inovasi tersebut juga belum mampu membuat pebalapnya juara dunia.

"Saya yakin Suzuki memiliki aspek positif dan negatif. Hanya dengan mencobanya Anda bisa memberikan pendapat, memberikan pendapat dari luar adalah kesalahan," kata Dovi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com