Apakah Membuat Bus Single Glass Lebih Ribet Dibanding Double Glass?

Kompas.com - 16/11/2020, 12:02 WIB
Bus Sumber Alam instagram/laksanabusBus Sumber Alam

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat ini tren bus dengan kaca ganda atau double glass tengah  menjamur dalam rancang bangun para karoseri Indonesia. Hampir semua karoseri membuat bus dengan tampilan seperti bus tingkat ini.

Namun belum lama ini, ada dua karoseri yang melawan arus model bus double glass, yaitu Laksana dan Tentrem. Laksana meluncurkan social distancing bus dengan model single glass dan Tentrem dengan bodi Avante H7X dan yang akan datang, Avante H8X.

Model kaca tunggal seperti ini menjawab rasa kangen penggemar bis yang senang duduk di hot seat sambil melihat ke depan tanpa terhalang bando atau sekat. Memang single glass terkesan jadul, namun menjadi unik di saat semua bus memakai model double glass.

Baca juga: Live MotoGP Valencia 2020, Quartararo KO, Muluskan Jalan Mir Jadi Juara Dunia

Bus Karoseri Tentreminstagram/hudan_fachrudi Bus Karoseri Tentrem

Lalu dari segi karoseri, apakah membuat bus dengan muka single glass ini lebih ribet dibanding double glass yang memang sedang tren?

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, kedua model bus baik single maupun double glass memiliki level kesulitan yang hampir sama.

“Perbedaannya ada di segi konstruksi, kaca dan trimming interior. Selain itu cetakan muka atau bagian depan bus juga berbeda antara model single glass dan double glass,” ucap Werry kepada Kompas.com, Minggu (15/11/2020).

Baca juga: Bukan Sembarang Mobil Sultan, Cerita Fitra Eri Saat Modifikasi Limo Taksi

Avante H8X karoseri Tentreminstagram/karoseritentrem Avante H8X karoseri Tentrem

Karoseri Laksana sendiri memang sudah memiliki cetakan untuk muka bus single glass. Karena pada masa awal peluncuran Legacy SR2, Laksana masih menggunakan model single glass di mana karoseri lain sudah mengadopsi double glass.

Berbeda dengan karoseri Laksana, karoseri Tentrem melakukan modifikasi pada cetakan muka bus double glass menjadi double glass. Ubahannya ada di panel muka depan, dasbor, dome dan pintunya.

“Kita punya tiga cetakan untuk muka, Avante H7, H8 dan H9. Untuk varian single glass, kita pakai punya H9 yang dimodifikasi cetakannya,” ucap Dimas Raditya, Sales Staff karoseri Tentrem kepada Kompas.com.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X