Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanti Kehadiran Mobil Listrik Mazda MX-30 di Indonesia

Kompas.com - 11/11/2020, 17:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keseriusan Indonesia untuk memulai era elektrifikasi kendaraan bermotor mendapat sambutan baik dari berbagai produsen otomotif, salah satunya Mazda.

Melalui agen pemegang mereknya, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), disebutkan bahwa produsen asal Jepang tersebut tidak ingin ketinggalan dalam melangkah ke kendaraan ramah lingkungan berbasis baterai.

Hanya saja, langkah ini membutuhkan waktu mengingat kesiapan prinsipal terkait dalam hal produksi dan infrastruktur pendukung yang tersedia.

Baca juga: Mazda3 Edisi Spesial Ulang Tahun ke-100, Hanya 20 Unit

Tampak belakang dari Mazda MX-30carsales.com.au Tampak belakang dari Mazda MX-30

"Secara global, Mazda tidak ketinggalan dalam kendaraan listrik. Kami sudah memiliki kendaraan tersebut yakni MX-30 yang saat ini sudah diproduksi dan dijual di Eropa," kata Fedy Dwi Parileksono, Head of Department Public Relations and Media Communications PT EMI dalam diskusi virtual, Rabu (11/11/2020).

"Dalam waktu dekat, penjualannya akan merambah ke Australia dan Amerika. Nah, kalau sudah ke sana pasti nantinya bakal sampai ke Asia, kita tunggu saja," lanjut dia.

Fedy menambahkan, kehadiran MX-30 ke Indonesia tak lepas dari keputusan Mazda Corporation dalam melihat potensi pasar dan faktor pendukung lainnya.

Walau masih terbilang cukup lama, ia menambahkan, jika dilihat dari perkembangannya, Indonesia punya potensi. Pemerintah juga serius untuk mengembangkan kendaraan listrik melalui beragam kebijakannya.

"Kita akan mengikuti perkembangannya bagaimana, tapi yang jelas Mazda sudah punya mobil listrik. Tinggal mau diapakan nanti ke depannya, ya bagaimana nanti," ujar Fedy.

Baca juga: Ini yang Spesial pada Mazda3 100th Anniversary Edition

Dalam kesempatan terpisah, Ricky Thio, Managing Director PT EMI, mengatakan jika pihaknya tidak akan tinggal diam soal pengembangan mobil listrik untuk pasar lokal.

“Untuk Indonesia kami tidak hanya tinggal diam, kami menunggu arahan dari prinsipal juga. Kalau Indonesia siap, kami pasti melakukan yang terbaik, sehingga kami bisa menghadirkan kendaraan yang diinginkan di Indonesia,” kata Ricky.

Diketahui, Mazda sudah meluncurkan mobil listrik MX-30 saat ajang pameran otomotif Tokyo Motor Show 2019. Mobil ini diklaim mampu menjelajah hingga 199,5 kilometer dalam satu kali pengisian baterai.

Pada perayaan 100 tahun Mazda global, disebutkan pula bahwa pabrikan mulai mengincar benua Eropa dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com