Tak Punya Lawan, Honda Masih Betah Main di Skutik 110cc

Kompas.com - 11/11/2020, 14:41 WIB
All New Honda Scoopy Foto: AHMAll New Honda Scoopy
|

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Honda Scoopy meluncur dan meramaikan bursa skutik di Indonesia. Scoopy merupakan salah satu dari tiga skutik 110cc Honda yang masih eksis saat ini.

Menarik sebab Honda punya beberapa model di skutik kelas tersebut, yakni Beat, Genio dan Scoopy. Sedangkan kompetitor yang lain tidak terlalu fokus di segmen yang sama.

Yamaha contohnya sudah tidak punya jajaran skutik kelas 110cc tapi di 125cc. Paling hanya Suzuki yang punya Suzuki Address, Nex II dan Nex II Cross yang berkubikasi 113cc.

Baca juga: Harga All New Honda Scoopy Mulai Rp 20 Juta Kurang Sedikit

Honda Beat KOMPAS.com/Gilang Honda Beat

Di sisi lain skutik Honda berkubikasi 125cc hanya tinggal Vario 125. Sedangkan di kelas 150cc ada banyak, mulai dari Vario 150, PCX 150, ADV 150 dan SH150i.

Johannes Loman, Wakil Presiden Direktur AHM mengatakan, Honda tetap menjual produk dengan mesin 110cc karena sesuai dengan permintaan masyarakat. Mesin ini punya performa yang baik dan juga irit.

"Kita ketahui sepeda motor dipakai sebagai alat transportasi yang efisien dan efektif. Saat kita lihat mesin 110cc ini effisien dan bertenaga jadi kita mempertahankan mesin 110cc," kata Loman saat launching All New Scoopy secara virtual Selasa (10/11/2020).

Baca juga: Optimisme Honda Luncurkan All New Scoopy di Tengah Pandemi

Honda Genio Foto: Istimewa Honda Genio

Selain alasan teknis, peminat mesin 110cc juga masih banyak. Scoopy contohnya, di Indonesia saja sejak meluncur pada 2010 populasinya kini sudah menyentuh 4,5 juta unit.

"Apakah bakal ada (mesin) 125cc mohon maaf saya tidak bisa sampaikan di sini," kata Loman.

Keseriusan Honda menyodorkan skutik bermesin 110cc dapat dilihat dari peluncuran Honda Genio Juni 2019. Genio yang pertama memakai mesin generasi baru eSP 110cc dan juga rangka eSAF.

Mesin dan sasis itu merupakan platfrom terbaru Honda, yang kemudian juga dipakai di New Honda Beat dan kini juga diaplikasikan pada All New Scoopy.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X