Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Beberapa Penyebab Mobil Mogok Saat di Pelintasan Kereta Api

Kompas.com - 09/11/2020, 12:22 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil mengalami mati mesin ketika melintas di pelintasan kereta api sudah sangat sering terjadi.

Seperti yang baru saja terjadi di Desa Desa Cimparuh, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat, Sabtu (7/11/2020) malam.

Minibus yang mengalami mati mesin saat melintas di pelintasan kereta api disambar oleh kereta api Sibinuang rute Pariaman - Padang.

Sedikitnya lima penumpang minibus mengalami luka-luka dan harus dilarikan ke rumah sakit terdekat guna mendapatkan perawatan.

Baca juga: Catat, Ini 11 Provinsi yang Bebaskan Denda Pajak Kendaraan

Tidak sedikit yang menduga mogoknya mobil ketika melintas di pelintasan kereta api disebabkan adanya pengaruh medan magnet.

Pengendara melintas di perlintasan kereta api wilayah Bumi Bintaro Permai, Pondok Aren, Jakarta Selatan, Sabtu (22/2/2020). Tidak berfungsinya palang pintu di perlintasan kereta api sejak 2 tahun lalu mengancam keselamatan warga.KOMPAS.com/M ZAENUDDIN Pengendara melintas di perlintasan kereta api wilayah Bumi Bintaro Permai, Pondok Aren, Jakarta Selatan, Sabtu (22/2/2020). Tidak berfungsinya palang pintu di perlintasan kereta api sejak 2 tahun lalu mengancam keselamatan warga.

Hal itu membuat kelistrikan pada kendaraan roda empat gagal berfungsi sehingga mesin mobil tidak bisa dinyalakan.

Di luar hal itu, ada beberapa penyebab yang menyebabkan mobil tiba-tiba mogok ketika melaju di pelintasan kereta api.

Baca juga: Jika SIM Hilang, Pemilik Harus Bikin Baru Lagi?

Tidak pas saat pindah persneling

Mogoknya mobil saat melintas di pelintasan kereta api bisa juga pengemudi yang tidak tepat saat melakukan pemindahan gigi persneling. Kondisi ini bisa juga membuat mesin mobil mati.

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, bisa saja pengendara tidak pas saat melakukan pemindahan transmisi (untuk mobil manual).

“Kalau mogoknya bisa disebabkan tidak tepat dalam pindah gigi atau injak dan lepas pedal kopling, walaupun secara teknis di sepanjang rel kereta api juga terdapat medan elektromagnetik yang bisa mengganggu kelistrikan di mobil,” katanya kepada Kompas.com, Senin (9/11/2020).

Bambang pun menyarankan ketika mengalami kejadian tersebut dan kereta api sudah mendekat sebaiknya segera keluar dari mobil untuk menyelamatkan diri.

Ilustrasi berkendara.Thinkstock Ilustrasi berkendara.

Pengemudi panik

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, matinya mesin mobil bisa juga disebabkan pengemudi yang panik ketika mengetahui ada kereta yang hendak melintas.

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] SIM Hilang Harus Bikin Baru? | Operasi Zebra 2020 Masih Berlangsung

Dalam kondisi tersebut, bisa saja pengemudi menjadi kesulitan ketika hendak menyalakan mesin mobil yang mati.

“Mungkin karena efek psikologis saat keadaan panik sehingga berakibat mesin mobil mati,” kata Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com