Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Kerja Mesin Sepeda Motor 2-Tak

Kompas.com - 08/11/2020, 11:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comMesin motor 2-tak biasanya terkenal karena tenaganya yang besar dari mesin kecil dan mengeluarkan asap yang banyak dari knalpotnya. Namun secara panjang siklus, mesin dua tak lebih singkat dibanding 4-tak.

Dilansir dari Autoexpose.org, mesin 2-tak hanya memiliki dua langkah dalam satu siklus pembakaran. Berbeda dengan 4-tak yang memiliki empat langkah dalam satu siklus pembakaran.

Lalu bagaimana cara kerja mesin 2-tak?

Sebelum mengetahui cara kerjanya, ada lima komponen penting dalam mesin 2-tak yang harus diketahui. Pertama yaitu crank case, fungsinya untuk menampung campuran udara dan bahan bakar sebelum masuk ke combustion chamber atau ruang bakar.

Baca juga: Motor Bekas di Bawah Rp 5 Juta, Thunder 125 Hanya Rp 2 Juta

Komponen mesin 2-takautoexpose Komponen mesin 2-tak

Kedua ada combustion chamber, tempat terjadinya pembakaran mesin. Ketiga yaitu intake port, saluran masuk udara dan bahan bakar dari karburator ke crank case. Keempat ada exhaust port, sebagai saluran keluar gas sisa pembakaran.

Terakhir yaitu transfer port, berfungsi sebagai saluran penghubung antara crank case dan ruang bakar untuk mengirimkan campuran udara dan bahan bakar. Sekarang akan dibahas bagaimana cara kerja dari mesin 2-tak ini.

Langkah pertama yaitu upward stroke atau langkah piston naik. Langkah ini merupakan bergeraknya piston dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA). Saat piston berada di TMB, sudah ada campuran udara dan bahan bakar dari siklus sebelumnya.

Baca juga: Pemprov Banten Bebaskan Pajak Kendaraan Bermotor hingga Akhir Tahun

Upward stroke mesin 2-takAutoexpose Upward stroke mesin 2-tak

Campuran udara dan bahan bakar ini sudah siap untuk dikompresi. Ketika piston bergerak ke TMA, dinding piston akan menutup exhaust port dan transfer port sehingga campuran tadi bisa terkompresi dengan baik.

Di sisi lain, bergeraknya piston ke TMA, memperbesar volume crank case dan menyedot campuran udara dan bahan bakar dari karburator. Berlanjut ke langkah kedua atau downward stroke atau langkah piston turun.

Pada langkah kedua, piston bergerak dari TMA ke TMB karena dorongan pembakaran mesin hasil dari percikan busi yang membakar campuran udara dan bahan bakar yang sudah terkompresi.

Downward stroke mesin 2-takAutoexpose Downward stroke mesin 2-tak

Ketika piston bergerak ke TMB, saluran intake tertutup sehingga campuran udara dan bahan bakar yang ada di crank case akan terdorong lewat transfer port menuju ruang bakar. Kemudian kembali ke langkah pertama.

Untuk gas sisa pembakaran, akan terdorong keluar melewati exhaust port oleh hembusan campuran udara dan bahan bakar yang masuk dari transfer port. Begitulah bagaimana mesin 2-tak bekerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com