Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Tunjuk Garrett Gerloff Menggantikan Rossi di MotoGP Eropa

Kompas.com - 05/11/2020, 08:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai menjalani tes PCR pertama, Selasa (3/11/2020), pebalap Yamaha Valentino Rossi dinyatakan masih positif terinfeksi Covid-19.

Seperti diketahui The Doctor terinfeksi Covid-19 sejak Kamis (15/10/2020), hal ini membuat dirinya harus absen pada dua seri sebelumnya yaitu MotoGP Aragon dan Teruel.

Hari ini (4/11/2020), Valentino Rossi kembali menjalani tes baru untuk bisa dapat lampu hijau kembali balapan di MotoGP Eropa.

Jika masih positif, pebalap berusia 41 tahun ini otomatis harus absen akhir pekan nanti, dan kemungkinan besar juga dari MotoGP Valencia di trek yang sama pada 13-15 November.

Baca juga: Pengemudi Bus Masih Mengandalkan Pengalaman

Melansir dari laman yamahamotogp.com, tim Monster Energy Yamaha pun sudah mempersiapkan rider cadangan untuk diturunkan jika Valentino Rossi tetap absen.

Rider tersebut adalah pebalap GRT Yamaha WorldSBK, Garrett Gerloff dan bukan pebalap penguji MotoGP Jorge Lorenzo, seperti yang marak diberitakan sebelumnya.

Garrett Gerloff bakal menunggangi motor YZM-M1 di MotoGP Eropa 2020, apabila Rossi masih tidak bisa mengaspal di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

#EuropeanGP Standby Replacement Rider @garrettgerloff ???? “I’m so honoured that Yamaha has considered me for this opportunity. This year has already been quite the adventure, and this would be the cherry on top. It’s been a dream of mine to ride the Yamaha YZR-M1 MotoGP bike since I started racing so many years ago, and to potentially have it happen is really exciting. But I am just sorry to get this opportunity under these unfortunate circumstances for Valentino. I feel really bad for him and I hope that he recovers soon, we all miss the number 46 on track! All the best to him. If I do end up riding this weekend, it will be an uphill battle not knowing the bike, tyres, brakes, etc. Also, I have never been to the Valencia track before. But I’m confident in myself and ready for the challenge! Thanks to all at Yamaha. Bring it on!” #MonsterYamaha #MotoGP

A post shared by Monster Energy Yamaha MotoGP (@yamahamotogp) on Nov 4, 2020 at 3:37am PST

“Saya sangat tersanjung bahwa Yamaha telah mempertimbangkan saya untuk kesempatan ini. Merupakan impian saya untuk mengendarai motor Yamaha YZR-M1 MotoGP sejak saya memulai balapan bertahun-tahun yang lalu, dan untuk mewujudkannya sangatlah mengasyikkan,” ujar Garrett dikutip dari laman yamahamotogp.com, Rabu (4/11/2020).

Baca juga: Menjaga Jarak Aman Saat Mengemudi Bus Beda dengan Mobil Kecil

“Ini merupakan keadaan yang tidak menguntungkan bagi Rossi, dan saya berharap dia segera pulih. Jika saya akhirnya balapan akhir pekan ini, itu akan menjadi perjuangan berat tanpa mengetahui motor, ban, rem, dan lainnya. Juga saya belum pernah ke trek Valencia sebelumnya. Tapi saya percaya diri dan siap untuk tantangan ini. Terima kasih untuk semua di Yamaha,” ucap Garret.

Meski telah mempersiapkan pebalap pengganti, Yamaha menegaskan masih berharap agar Valentino Rossi bisa mendapat tes negatif Covid-19 dan mengaspal bersama tim.

Saat ini Rossi tercatat empat kali gagal finis serta melewatkan dua seri MotoGP lantaran Covid-19 yang dideritanya. Kondisi ini membuat The Doctor hanya mampu berada di posisi 15 klasemen sementara MotoGP 2020 dengan raihan 58 poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com