Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Doohan Sarankan Dovi Pindah ke WSBK

Kompas.com - 04/11/2020, 07:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


VALENCIA, KOMPAS.com - Legenda balap GP500 tahun 1990'an, Mick Doohan, menyarankan Andrea Dovizioso untuk pindah ke ajang World Superbike (WSBK) musim depan ketimbang jadi test rider tim pabrikan.

“Dovi masih memiliki banyak hal yang bisa ditawarkan. Dia punya banyak pengalaman. Dia bisa balapan dan menang dan memiliki opsi meraih Piala Dunia," katanya melansir Tuttomotoriweb, Rabu (4/11/2020).

"Akan sulit baginya jika dia tidak bisa menemukan tim yang bagus. Jika saya, saya akan mengatakan ke dia lebih baik pensiun atau pergi ke World Superbike. Pasti akan kompetitif di sana,” kata Doohan.

Baca juga: Peluang Yamaha Turunkan Lorenzo Gantikan Rossi di MotoGP Eropa 2020

Legenda MotoGP asal Australia, Mick Doohan.MOTOGP.COM Legenda MotoGP asal Australia, Mick Doohan.

Nasib Dovi memang masih terkatung-katung untuk musim depan. Slot pebalap buat tim 2021 sudah penuh. Rumors santer menyebut pebalap Italia itu akan merapat ke Yamaha sebagai test rider.

Spekulasi lain menyebutkan kalau Dovi bakal dipinang oleh Aprilia yang juga belum pasti karena masih menunggu Andrea Iannone. Tapi kabarnya Aprilia enggan karena tidak kuat dengan ajuan gaji Dovi.

Doohan melihat Dovi masih cukup kompetitif di lintasan sehingga sayang kalau jadi test rider. Tapi Dovi pernah menyebut kurang tertarik dengan WSBK, meski pebalap Italia itu tidak merinci alasannya.

Baca juga: Mick Doohan Bandingkan Cedera Marc Marquez dengan Dirinya

Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, berhasil menjadi juara pada balapan MotoGP Austria 2020 di Red Bull Ring, Austria, Minggu (16/8/2020).AFP/JOE KLAMAR Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, berhasil menjadi juara pada balapan MotoGP Austria 2020 di Red Bull Ring, Austria, Minggu (16/8/2020).

“Di MotoGP saat ini dibutuhkan pebalap penguji yang cepat dan berpengalaman. Di zaman saya, test rider beberapa detik lebih lambat,” kata Doohan.

Meski demikian Doohan mengatakan tidak masalah jika memang Dovi ingin jadi test rider. Profesi ini bukan hal yang buruk, contohnya ialah Dani Pedrosa yang sukses mengembangkan KTM RC16.

“Pedrosa membuat kemajuan untuk KTM. Dengan Dani mereka menemukan orang ke arah yang benar. Dovi bisa jadi serupa. Seseorang seperti Dovi bisa menjadi tambahan bagus untuk tim,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com