Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankah Skutik Kecil Pakai Windshield?

Kompas.com - 02/11/2020, 17:51 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comWindshield di skuter matik (skutik) biasanya menjadi ciri motor dengan kubikasi mesin yang lumayan besar. Hadirnya windshield membuat skutik tampil layaknya motor touring atau diperuntukkan sebagai motor jarak jauh.

Namun tidak semua skutik di Indonesia yang dari standarnya sudah dilengkapi dengan windshield. Oleh karena itu, berbagai produk aftermarket menjual bracket agar skutik biasa bisa dipasangkan windshield layaknya motor adventure.

Lalu apakah aman untuk melakukan modifikasi ini pada motor skutik kecil?

Baca juga: Mick Doohan Bandingkan Cedera Marc Marquez dengan Dirinya

Ragam windshield NemoKOMPAS.com / Gilang Ragam windshield Nemo

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani mengatakan, memang banyak pengendara yang memasang windshield tambahan, tujuannya untuk mengurangi terpaan angin yang langsung menabrak tubuh pengendara motor.

“Pemasangan windshield tersebut selama tidak mengganggu pandangan dan manuver pengendara serta dipasang dengan bracket yang kuat maka masih aman-aman saja,” ucap Agus kepada Kompas.com, Minggu (1/11/2020).

Perlu diingat, memasang windshield bisa memengaruhi akselerasi karena laju sepeda motor jadi tertahan. Selain itu, perhatikan juga ukuran windshield yang ingin dipasang ke motor, jangan yang terlalu tinggi.

Baca juga: Kursi Bus Double Leg Rest Terbaru Buatan Rimba Kencana

“Sebaiknya jika ingin menambah windshield usahakan jangan terlalu tinggi agar angin tidak tertahan saat berkendara. Jika terlalu tinggi juga berisiko ketika ada angin kencang atau lewat di atas flyover,” kata Agus.

Kemudian pastikan juga bracket yang dipasang ke bodi motor tidak asal menempel. Karena jika pemasangannya asal, bracket bisa terlepas saat ada angin kencang dan malah membahayakan pengendara motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com