Amankah Skutik Kecil Pakai Windshield?

Kompas.com - 02/11/2020, 17:51 WIB
windshield aerox Kompas.com/Fathan Radityasaniwindshield aerox

JAKARTA, KOMPAS.comWindshield di skuter matik (skutik) biasanya menjadi ciri motor dengan kubikasi mesin yang lumayan besar. Hadirnya windshield membuat skutik tampil layaknya motor touring atau diperuntukkan sebagai motor jarak jauh.

Namun tidak semua skutik di Indonesia yang dari standarnya sudah dilengkapi dengan windshield. Oleh karena itu, berbagai produk aftermarket menjual bracket agar skutik biasa bisa dipasangkan windshield layaknya motor adventure.

Lalu apakah aman untuk melakukan modifikasi ini pada motor skutik kecil?

Baca juga: Mick Doohan Bandingkan Cedera Marc Marquez dengan Dirinya

Ragam windshield NemoKOMPAS.com / Gilang Ragam windshield Nemo

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani mengatakan, memang banyak pengendara yang memasang windshield tambahan, tujuannya untuk mengurangi terpaan angin yang langsung menabrak tubuh pengendara motor.

“Pemasangan windshield tersebut selama tidak mengganggu pandangan dan manuver pengendara serta dipasang dengan bracket yang kuat maka masih aman-aman saja,” ucap Agus kepada Kompas.com, Minggu (1/11/2020).

Perlu diingat, memasang windshield bisa memengaruhi akselerasi karena laju sepeda motor jadi tertahan. Selain itu, perhatikan juga ukuran windshield yang ingin dipasang ke motor, jangan yang terlalu tinggi.

Baca juga: Kursi Bus Double Leg Rest Terbaru Buatan Rimba Kencana

“Sebaiknya jika ingin menambah windshield usahakan jangan terlalu tinggi agar angin tidak tertahan saat berkendara. Jika terlalu tinggi juga berisiko ketika ada angin kencang atau lewat di atas flyover,” kata Agus.

Kemudian pastikan juga bracket yang dipasang ke bodi motor tidak asal menempel. Karena jika pemasangannya asal, bracket bisa terlepas saat ada angin kencang dan malah membahayakan pengendara motor.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X