Konsumsi BBM di Tol Trans Jawa Naik 300 Persen

Kompas.com - 02/11/2020, 11:02 WIB
SPBU Pertamina KOMPAS.com/istimewaSPBU Pertamina
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama libur panjang, PT Pertamina (Perseo) di wilayah Marketing Operation Region IV Jawa Bagian Tengah, mencatat terjadi kenaikan konsumsi BBM hampir mendekati 300 persen.

Pesatnya konsumsi tersebut terjadi di beberapa SPBU yang ada di ruas Tol Trans Jawa, khususnya arah Jakarta menuju Surabaya, yakni pada Km 379, 429, dan 519.

Kevin Kurnia Gumilang, Pjs. Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina MOR IV, mengatakan kenaikan tertinggi terjadi pada 28 Oktober 2020 yang menjadi puncak arus libur panjang. 

"Kenaikan konsumsi BBM di SPBU Tol Trans Jawa km.379 misalnya, saat normal, rata-rata harian penyaluran BBM sebanyak 60 kiloliter (KL) per hari, namun saat cuti bersama, tercatat hingga 178 KL per hari. Tertinggi pada tanggal 28 Oktober lalu," ucap Kevin dalam keterangan persnya, Minggu (1/11/2020).

Baca juga: Segera Berlaku, Tol Layang Jakarta-Cikampek Bertarif Rp 20.000

Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati Tol Semarang-Solo, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2019). Volume arus mudik dari arah Jakarta yang memasuki Gerbang Tol Bawen-Salatiga menuju ke sejumlah wilayah di Jateng dan Jatim pada H-5 siang hari terpantau padat merayap.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati Tol Semarang-Solo, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2019). Volume arus mudik dari arah Jakarta yang memasuki Gerbang Tol Bawen-Salatiga menuju ke sejumlah wilayah di Jateng dan Jatim pada H-5 siang hari terpantau padat merayap.

Kevin mengatakan, untuk total konsumsi BBM jenis bensin di wilayah Jawa Bagian Tengah (Jateng dan DI Yogyakarta), mengalami kenaikan 4 persen dari rata-rata harian 11.600 KL menjadi 12.100 KL. Sedangkan untuk konsumsi BBM jenis diesel, yakni biosolar dan dex series, cenderung stabil di angka 5.700-5.800 KL.

Sebagai upaya antisipasi kenaikan konsums di arus balik libur panjang pada ruas Tol Trans Jawa, Kevin mengatakan MOR IV juga telah menyiagakan mobile storage baik di SPBU ruas A (Jakarta–Surabaya) maupun ruas B (Surabaya–Jakarta).

"Mobile storage merupakan truk tangki BBM yang disiagakan di SPBU rest area Tol Trans Jawa dan berfungsi untuk pengisian secara cepat jika sewaktu-waktu terjadi peningkatan konsumsi yang signifikan," ujar Kevin.

Baca juga: Awas Macet, Sudah 160.000 Kendaraan Menuju Jakarta via Tol

Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati Tol Semarang-Solo, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2019). Volume arus mudik dari arah Jakarta yang memasuki Gerbang Tol Bawen-Salatiga menuju ke sejumlah wilayah di Jateng dan Jatim pada H-5 siang hari terpantau padat merayap.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati Tol Semarang-Solo, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2019). Volume arus mudik dari arah Jakarta yang memasuki Gerbang Tol Bawen-Salatiga menuju ke sejumlah wilayah di Jateng dan Jatim pada H-5 siang hari terpantau padat merayap.

Untuk Penyediaan pasokan BBM di ruas B tol Trans Jawa wilayah bagian tengah, Pertamina telah menyiagakan stok di SPBU km 519, 389, 360, dan 260.

"Diharapkan konsumen tidak lupa untuk mengisi penuh tangki BBM sebelum berkendara dalam jarak jauh terutama saat melewati ruas Tol Trans Jawa," kata Kevin.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X