Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trident, Motor 3-silinder Triumph Paling Murah Resmi Meluncur

Kompas.com - 31/10/2020, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Triumph baru saja meluncurkan model terbaru, yakni Trident. Motor bergaya retro ini diklaim sebagai motor 3-silinder Triumph yang paling terjangkau alias murah di pasar.

Dengan mesin berkapasitas 660 cc, Trident, tentu saja berstatus moge dan berhadapan dengan rival sekelas, seperti Kawasaki Z650, Honda CB650, dan Yamaha MT-07. Triumph juga kabarnya akan memasarkan motor ini di Asia.

Baca juga: Modifikasi Triumph Scrambler Minimalis, Bisa Jadi Referensi

Meski tampilannya retro, tapi Triumph sudah menyematkan beragam fitur dan teknologi modern. Beberapa di antaranya adalah sistem pencahayaan LED dan panel instrumen berbentuk bulat yang full digital.

Triumph TridentTriumph Triumph Trident

Tangkinya mampu memuat 14 liter bensin dengan desain retro, mirip gaya scrambler. Desainnya semakin menyempit ke bagian buritan, membuatnya terlihat lebih sporty.

Trident dibekali dengan knalpot model underbelly. Terlihat ramping dari depan, tapi jika dilihat dari samping akan nampak lebih berotot.

Baca juga: Spek Mesin Motor Moto2 Tim MotoGP Indonesia, Pakai Mesin Triumph

Di bagian sasis, Triumph menciptakannya dari nol. Materialnya sendiri menggunakan baja, tidak mengandalkan aluminium, untuk menekan biaya.

Triumph TridentTriumph Triumph Trident

Triumph Trident dipersenjatai dengan mesin 3-silinder berkapasitas 660 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 81 tk pada 10.250 rpm dan torsi maksimum mencapai 64 Nm pada 6.250 rpm.

Mesinnya dibekali dengan transmisi manual 6-percepatan dan sudah menggunakan slip-and-assist clutch dan bi-directional quick shifter.

Triumph TridentTriumph Triumph Trident

Selain itu, terdapat juga Riding Mode, yakni Road untuk jalanan kering dan Rain untuk kondisi jalan basah. Kontrol traksi juga dapat ditemui pada motor ini. My Triumph Connectivity System juga tersedia pada Trident.

Triumph TridentTriumph Triumph Trident

Di bagian suspensi, Trident mengandalkan sokbreker upside down keluaran Showa, yang mampu bekerja secara terpisah. Sementara suspensi belakang, menggunakan monoshock yang preload-nya bisa diatur.

Dengan bobot hanya 189 kg, Triumph Trident tergolong tidak terlalu berat. Tinggi jok yang hanya 802 mm juga sepertinya masih bersahabat dengan postur tubuh orang Asia pada umumnya.

Triumph Trident dibanderol 7.195 poundsterling atau setara dengan Rp 137 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com