Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Simpan Powerbank di Bagasi Motor Bisa Meledak?

Kompas.com - 27/10/2020, 13:02 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa skutik model baru sudah memiliki soket untuk mengisi daya ponsel. Tapi di model lama biasanya belum tersedia sehingga pengendara memakai powerbank.

Sebab, bagasi skutik cukup besar maka ponsel dan powerbank sering ditaruh di dalam bagasi untuk isi daya. 

Ada anggapan bahwa menyimpan powerbank di bagasi motor sebetulnya berbahaya. Powerbank dapat terpapar panas dari mesin dan ditakutkan dapat terbakar atau meledak.

Baca juga: Ini Alasan Isi Bensin di SPBU Harus Matikan Mesin

Letak soket pengisian daya ponsel di Honda Genio dipertanyakan.Foto: Bayu Nurpatria Letak soket pengisian daya ponsel di Honda Genio dipertanyakan.

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, bagasi motor saat ini aman untuk meletakkan benda-benda seperti ponsel atau powerbank.

"Potensi terjadi kebakaran di dalam bagasi terbilang kecil. Terutama, jika kondisi baterai tersebut masih dalam kondisi baik," ujar Endro, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Endro mengatakan, hal yang dikhawatirkan saat menyimpan benda elektronik di bagasi jok adalah ketika benda tersebut terlempar-lempar saat berada di dalam bagasi.

"Hal tersebut bisa saja terjadi saat motor melaju di jalan yang tidak rata atau saat melewati polisi tidur," katanya.

Baca juga: Apa Benar Main Ponsel Saat Isi Bahan Bakar, Berbahaya?

Soket Charger Honda BeAT 2020Donny Dwi/Kompas.com Soket Charger Honda BeAT 2020

"Oleh sebab itu, menyimpan benda elektronik sebaiknya dilapisi kain ataupun jas hujan agar lebih terlindungi," kata Endro.

Soket isi daya

Saat ini ada beberapa model skutik yang memiliki soket pengisian. Letaknya bervariasi ada yang di dalam bagasi, tapi ada juga yang terletak di luar.

Keunggulan soket yang terletak di dalam bagasi ialah dapat terlindung dari hujan, tapi kurang praktis. Sedangkan yang di luar bagasi sebaliknya, lebih praktis tapi mesti pakai pengaman.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com