Kompas.com - 21/10/2020, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat mengendarai motor, tentunya pengendara wajib memakai helm. Namun ada satu aksesoris yang biasa digunakan sebelum memakai helm, yaitu balaclava. Balaclava merupakan kain yang menutupi area kepala sampai mulut.

Untuk bahannya sendiri pun beragam, ada yang berbahan spandex sampai katun. Harganya juga bervariasi, mulai dari Rp 20.000 sampai Rp 800.000an. Lalu apa fungsi dari memakai balaclava ini saat berkendara?

Pegiat dari Komunitas Belajar Helm, Ahmad M mengatakan, ada beberapa fungsi dari balaclava, mulai dari yang memudahkan pengguna, sampai membuat helm tidak bau dan menahan debu.

Baca juga: Toyota Avanza Rajai MPV Murah di September 2020, Livina-Xpander Anjlok

Balaclavaaripitstop Balaclava

“Balaclava diciptakan untuk memudahkan memakai helm bagi orang dengan rambut yang agak berantakan. Selain itu juga sekalian untuk penahan keringat agar tidak langsung menempel ke bagian dalam helm,” ucap Ahmad kepada Kompas.com, Selasa (20/10/2020).

Bahan balaclava biasanya menyerap keringat, sehingga mengurangi bau yang ada di dalam helm. Namun balaclava perlu dirawat juga, misalnya seperti dicuci secara rutin. Ahmad mengibaratkan balaclava seperti kaus kaki.

“Helm tetap bau walau sudah memakai balaclava mungkin karena enggak pernah dicuci dan orangnya punya keringat berlebih. Kalau balaclava sehari enggak diganti, pasti kecut,” kata Ahmad.

Baca juga: Chevrolet Groove, Saudara Wuling Almaz Dibanderol Mulai Rp 178 Jutaan

Ahmad menyarankan untuk memakai balaclava karena bisa menahan debu dan panas, terutama di bagian kepala sampai leher. Namun perlu diperhatikan juga bahannya, jangan yang terlalu tipis dan licin.

“Bahan balaclava yang licin bisa berbahaya, karena helm jadi terlalu mudah lepas dari kepala pengendara. Bahan katun lebih enak karena cepat menyerap keringat dan panas,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.