Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wuling Almaz Kuasai Pasar SUV Medium pada September 2020 Kalahkan CR-V

Kompas.com - 20/10/2020, 13:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Almaz berhasil menjadi sport utility vehicle (SUV) medium terlaris di pasar domestik dengan angka penjualan 221 unit pada periode September 2020.

Produk andalan pabrikan asal China ini mampu mengalahkan pencapaian Honda CR-V yang secara berlangganan menguasai kendaraan kelas tersebut, seusai mengalami perlambatan 36,1 persen dari Agustus 2020 menjadi 88 unit.

Adapun Almaz sendiri mengalami peningkatan penjualan dari bulan sebelumnya sebanyak 60 persen. Diketahui, pada periode yang sama, di wilayah Ibu Kota kembali diberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ketat.

Baca juga: Brio Jadi Mobil Terlaris di September 2020, Lengserkan Takhta Avanza

Honda CR-V facelift meluncur di Thailandwww.honda.co.th Honda CR-V facelift meluncur di Thailand

Kendati demikian, CR-V masih menduduki peringkat kedua SUV medium dengan penjualan terbanyak di atas Mazda CX-5 yang angka penjualannya berhenti di 58 unit, naik dari 41 unit.

Kemudian tepat berada di bawahnya, ada DFSK Glory i-Auto dengan penjualan total 41 unit. Mobil baru ini sejatinya juga mengalami penurunan secara bulanan 24 persen.

Menariknya, selama bulan kesembilan Nissan tidak melakukan distribusi model X-Trail ke diler. Padahal, bulan sebelumnya mobil gagah yang mengalami peremajaan dalam GIIAS 2019 itu berhasil terjual 61 unit.

Secara keseluruhan, menurut catatan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan bulanan segmen SUV medium pada September ialah 418 unit, melambat 5,2 persen dari bulan sebelumnya yang berhasil mencapai angka penjualan 441 unit.

Baca juga: Toyota Rush Rajai Pasar SUV Murah Sepanjang September 2020

DFSK Glory i-AutoKOMPAS.com/Ruly DFSK Glory i-Auto

Berikut daftar SUV medium terlaris pada September 2020:

Wuling Almaz: 221 unit
Honda CR-V: 88 unit
Mazda CX-5: 58 unit
DFSK Glory i-Auto: 41 unit
Peugeot 3008: 5 unit
Hyundai Tucson: 4 unit
DFSK Glory 580: 1 unit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com