4 Kebiasaan yang Harus Dilakukan Sebelum Mengemudi

Kompas.com - 20/10/2020, 11:32 WIB
Ilustrasi pengemudi wanita flickr.comIlustrasi pengemudi wanita

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini, tidak sedikit masyarakat yang menganggap mengemudikan mobil merupakan sesuatu yang mudah. Selagi dapat membuat mobil melaju, seseorang akan merasa dirinya sudah layak mengemudi.

Mengemudi yang baik bukan hanya sekedar bisa menginjak pedal rem, gas dan memutar kemudi. Namun, bisa bertanggung jawab atas keselamatan dirinya dan orang lain, rasa aman serta rasa nyaman juga menjadi faktor penting dalam berkendara.

Director and Founder Real Driving Centre (RDC) Roslianna Ginting mengatakan, setidaknya ada 4 hal yang perlu dilakukan sebelum mengemudisetidaknya ada 4 hal yang perlu dilakukan sebelum mengemudi. Apa saja?

Baca juga: Bikers, Ini Bahaya Menyalip dari Kiri

1. Pastikan membawa SIM dan STNK

Daftar pajak Hyundai IoniqKOMPAS.com/Ruly Daftar pajak Hyundai Ioniq

Sebelum mengemudi, pastikan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) kendaraan dibawa. Dokumen-dokumen ini wajib dibawa agar pengemudi memiliki legalitas untuk mengemudi di jalan umum.

“Jangan lupa juga untuk memeriksa tanggal berakhirnya pajak di STNK dan waktu perpanjangan SIM. Jangan sampai SIM dan STNK sudah mati atau tidak berlaku lagi, karena pengemudi bisa ditilang karena membawa dokumen yang tidak sah,” ujar Roslianna saat dihubungi Kompas.com, Senin (19/10/2020).

2. Cek kondisi ban

Perhatikan isi garasi, khususnya mobil Anda. Periksa tekanan udara ban mobil Anda dan sesuaikan dengan ketentuan yang biasa diletakkan di pintu mobil. Ban dengan isi yang ideal mampu menghemat penggunaan bahan bakar.huffingtonpost.com Perhatikan isi garasi, khususnya mobil Anda. Periksa tekanan udara ban mobil Anda dan sesuaikan dengan ketentuan yang biasa diletakkan di pintu mobil. Ban dengan isi yang ideal mampu menghemat penggunaan bahan bakar.

Ban merupakan komponen vital pada kendaraan sebab menempel langsung ke aspal. Menurut Roslianna, selain berfungsi untuk menahan dan meneruskan tenaga dari mesin, ban juga berfungsi untuk menahan beban kendaraan.

“Jadi sebelum berkendara pastikan pengemudi melakukan pemeriksaan kelayakan ban, agar nyaman dan aman dijalan serta terhindar dari kecelakaan akibat pecah ban,” kata Roslianna.

3. Cek Fluida

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X