Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil MotoGP Aragon 2020, Alex Rins Juara, Marquez Podium Lagi

Kompas.com - 18/10/2020, 20:42 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

ARAGON, KOMPAS.com - Alex Rins sukses memenangkan kompetisi MotoGP Aragon yang berlangsung di Sirkuit MotoLand Aragon, Spanyol, Minggu (18/10/2002).

Pebalap tuan rumah yang membela Suzuki Ecstar ini berhasil menyodok Maverick Vinales yang sejak awal sudah menguasai jalannya pertandingan pada lap ke-16.

Ada di posisi kedua, Alex Marquez, dan di tempat ketiga ada pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir. Pebalap Yamaha, Vinales, harus puas finish di posisi keempat pada belapan kali ini.

Takaaki Nakagami dari LCR Honda mengunci posisi lima besar, dan Franco Morbidelli dari Petronas Yamaha yang sempat menyodok di posisi atas saat awal balapan, finish di posisi enam.

Rider Ducati Andrea Dovizioso finish di posisi ketujuh, dan Cal Crutchlow ada di posisi delapan. Jack Miller finish di posisi sembilan, dan menutup 10 besar ada Johann Zarco.

Jalannya Balapan

Perjalanan Rins buat menjadi juara di GP Aragon ini pun tak mudah, mengingat posisi start-nya barada di urutan ke-10, tepat berada di bawah Aleix Espargaro dan di atas Alex Marquez.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Aragon, Quartararo Pole Position

Namun dengan upayanya secara bertahap, akhirnya bisa merebut posisi terdepan dan meninggalkan Vinales pada urutan keempat.

Duo Suzuki Rins dan Mir mampu memanfaatkan kendurnya dua pebalap Petronas Yamaha, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli di pertengahan balapan.

Posisi kedua dan ketiga mampu dikuasai Suzuki, dan di urutan pertama masih ada Vinales. Tak menunggu lama, Vinales juga mampu dilewati duet Suzuki ini. Hingga Vinales juga dilewati Alex Marquez.

Kejutan lain juga dilakukan oleh Alex Marquez yang merangkak masuk ke posisi lima besar sejak putaran ke-15. Adik Marc Marquez ini pun menempel ketat Joan Mir hingga masuk ke urutan kedua di sisa lima putaran.

Fabio Quartararo yang sempat membututi Vinales harus tertinggal perlahan, hingga berada di posisi kesembilan hingga turun ke-17.

Baca juga: Drama Dovi dan Petrucci di Kualifikasi MotoGP Aragon

Andrea Dovizioso berhasil masuk ke urutan ketujuh diikuti oleh Jack Miller, Cal Crutchlow, dan Johann Zarco pada urutan 10 besar.

Seperti diketahui, Selain Marc Marquez, pada gelaran kali ini Valentino Rossi juga absen lantaran positif Covid-19.

Tim Monster Energy Yamaha juga tak menyediakan pebalap pengganti dalam laga GP Aragon yang membuat Vinales bertarung sendirian.

Pebalap Repsol Honda, Alex Marquez, menyalip Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) pada balapan MotoGP Aragon, 18 Oktober 2020.AFP/JOSE JORDAN Pebalap Repsol Honda, Alex Marquez, menyalip Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) pada balapan MotoGP Aragon, 18 Oktober 2020.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com