Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumsi BBM Jenis Premium Tahun Ini Masih di Bawah Target

Kompas.com - 18/10/2020, 13:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Konsumsi BBM jenis Premium sampai dengan September yang lalu, masih jauh dari kuota yang disiapkan pada sepanjang tahun 2020.

Fajriyah Usman, Vice President Corporate Communication Pertamina (Persero), mengatakan, sepanjang periode Januari sampai September lalu penyaluran Premium mencatat 7,81 juta kilo liter (KL).

Hasil tersebut baru mencapai 65,2 persen dari total kuota tahun ini. Sementara untuk konsumsi BBM jenis Solar telah mengumpulkan 67,5 persen atau 10,18 juta KL.

Baca juga: Jadwal MotoGP Aragon Akhir Pekan ini, Mundur karena Kondisi Trek

Ilustrasi SPBU Pertamina. KOMPAS/HERU SRI KUMORO Ilustrasi SPBU Pertamina.

“Adapun untuk elpiji subsidi, volume yang disalurkan sebesar 5,3 juta metrik ton,” ucap Fajriyah, dalam keterangan resmi (17/10/2020).

Menurut Fajriyah, pengumuman soal konsumsi BBM jadi salah satu cara Pertamina untuk mewujudkan transparansi perusahaan.

Sejalan dengan ide tersebut, Pertamina secara berkala akan menyampaikan informasi kepada publik. Seperti volume penyaluran BBM penugasan dan elpiji subsidi melalu berbagai kanal komunikasi.

Baca juga: Menu Mobil Bekas Rp 50 Jutaan Pekan Ini, Ada Jazz, CR-V, hingga BMW

Ilustrasi layanan cashless yang disediakan SPBU PertaminaPertamina Ilustrasi layanan cashless yang disediakan SPBU Pertamina

“Informasi kami update secara periodik melalui website, agar masyarakat dan stakeholder yang berkepentingan dapat memantau ketersediaan BBM dan elpiji yang memanfaatkan dana APBN,” ujar Fajriyah.

“Yang dibayarkan kepada Pertamina melalui skema subsidi dan kompensasi penugasan, sekaligus untuk memastikan volume realisasi tetap terjaga sesuai kuota yang ditetapkan pemerintah,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com