Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Ini Rakit RX-King dari Barang Rongsokan, Omzetnya Jutaan Rupiah

Kompas.com - 15/10/2020, 14:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - RX-King menjadi salah satu motor lawas yang saat ini sedang menjadi primadona bagi kolektor otomotif. Tidak hanya motornya saja yang diburu, miniatur motor klasik inipun kerap dicari para pecintanya.

Bermodalkan barang bekas, seorang pria bernama Wawang Kurniawan berhasil membuat berbagai miniatur motor RX-King. Dirinya bahkan mampu meraup ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Pengrajin miniatur yang tinggal di Kampung Dukuh Ciputat Tangerang Selatan ini menceritakan bagaimana awal mula kisahnya bisa menghasilkan miniatur motor hingga mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Baca juga: Innova Facelift Meluncur, Model Lawas Diskon Puluhan Juta Rupiah

“Awalnya karena hobi, tahun 2018 Miniatur pertama yang saya buat itu Honda Vario. Itu masih saya buat dari kayu. Lalu pada awal 2019 baru saya beranikan untuk terima orderan, dan Allhamdullillah sampai sekarang,” ujar Wawang saat dihubungi Kompas.com, Kamis (15/10/2020).

Melalui kedua tangannya, pria berusia 38 tahun ini mampu menciptakan ratusan jenis miniatur motor dengan hanya bermodalkan barang-barang bekas yang dipasarkan melalui akun instagram pribadinya @riz_miniaturmotor.

“Bisa dibilang bahan-bahan yang saya gunakan adalah barang rongsok, seperti paralon, kabel tunggal, kaleng softdrink, hingga jarum pentul,” katanya.

Mulanya, Wawang hanya sekedar iseng mengunggah hasil karyanya tersebut di media sosial (Facebook) RX-King Indonesia. Namun tidak disangka, dari unggahannya tersebut dirinya bisa mendapatkan konsumen pertama hingga kini sudah ratusan orderan yang ia kerjakan.

Baca juga: Harga Innova Bekas di Balai Lelang, Mesin Diesel Cuma Rp 80 Jutaan

“Dari postingan RX-King itu mulai banyak permintaan, penjualannya sudah sampai ke Papua, Kalimantan, Pulau Jawa,” tuturnya.

Untuk pembuatan satu unit miniatur, Wawang mengaku membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu.

“Sebenarnya kalau saya fokuskan disitu, hanya butuh waktu dua hari saja. Tapi karena saya juga ada kerjaan utama, jadi setiap hari hanya saya jatahkan maksimal dua jam untuk membuat miniatur tersebut,” paparnya.

Dalam satu bulan, dirinya mampu menjual enam hingga tujuh unit miniatur. Jenisnya pun beragam, selain RX-King Wawang mengaku pernah membuat miniatur Yamaha N-Max, Honda Sonic hingga Vespa.

Menyoal harga, satu unit miniatur motor hasil karyanya dijual dengan kisaran Rp 400.000 hingga Rp 1,5 juta.

“Tergantung dari permintaan pembeli, biasanya yang skala lebih besar akan semakin mahal,” paparnya,

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com