Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak yang Belum Tahu, Ini Makna di Balik Nomor Motor Pebalap MotoGP

Kompas.com - 13/10/2020, 15:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi seorang pebalap, sebuah nomor kendaraan memang bukanlah sembarang simbol. Selain sebagai penanda pembeda dari satu rider ke rider lainnya, nomor motor juga terkadang memiliki arti tersendiri bagi masing-masing pebalap.

Dilansir dari motorcyclesports.net, Selasa (13/10/2020), inilah arti dari nomor para pebalap MotoGP:

1. Valentino Rossi - 46

Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, saat beraksi di Sirkuit Le Mans, Perancis.AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, saat beraksi di Sirkuit Le Mans, Perancis.

Nomor 46 digunakan oleh Valentino Rossi karena nomor itulah yang dipakai sang ayah, Graziano Rossi saat memenangi balapan di Rijeka pada 1979, yang juga merupakan tahun kelahiran The Doctor. Bahkan, ia tidak mengubahnya sekalipun saat menjadi juara dunia.

2. Maverick Vinales - 12

Sejak kecil Maverick Vinales selalu menggunakan nomor 12, karena angka tersebut merupakan tanggal lahirnya. Sempat memakai nomor 25 pada saat turun di GP125 2011, dan menggunakan nomer 40 pada alasan komersial dengan tim Pons Racing, ia kembali menggunakan nomor 25 saat kembali ke MotoGP 2015.

Namun pada akhirnya, Vinales memutuskan untuk menggunakan kembali nomor 12 dengan alasan ia pernah mengalahkan Marc Marquez saat memakai nomor tersebut.

Baca juga: Mau Berburu Toyota Innova Bekas, Mulai Rp 80 Jutaan

3. Marc Marquez - 93

Marc Marquez saat berlaga di GP Andalusia 2020HRC Marc Marquez saat berlaga di GP Andalusia 2020

Alasan Marc Marquez menggunakan nomor 93 karena merupakan tahun kelahirannya yaitu 1993. Ia pertama kali menggunakan di FIM CEV dan terus menggunakan sampai sekarang.

4. Alex Marquez - 73

Lahir pada tanggal 23 April, membuat Alex Marquez menggunakan nomor tersebut sejak di FIM CEV. Sayangnya, saat naik ke Moto3 nomor tersebut sudah dipakai oleh Niccolo Antonelli, dan membuatnya memilih nomor 12.

Saat naik ke Moto2 pada 2015, nomor tersebut sudah digunakan oleh Thomas Luthi dan nomor 23 digunakan oleh Marcel Schrotter. Akhirnya Alex memilih nomor 73, yang merupakan hasil dari pengurangan tahun kelahirannya (96) dan tanggal lahirnya (23).

5. Andrea Dovizioso - 04

Sebelum memulai debut di MotoGP, Dovizioso menggunakan nomor 34 sebagai penghormatan kepada Kevin Schwantz.

Namun sayangnya, nomor tersebut sudah diabadikan Schwantz dan tidak boleh digunakan di MotoGP, hingga akhirnya memutuskan untuk menggunakan nomor 4 pada tahun 2008 yang kemudian ditambahkan angka 0 di depannya untuk alasan komersial.

Baca juga: Pengertian Warranty dan Garansi Saat Beli Mobil baru

6. Danilo Pertuci - 9

Nomor 9 merupakan angka favorit Danilo Petruci dan telah ia gunakan untuk seluruh karirnya. Terkadang, untuk alasan komersial ia menambahkan angka 0 di depannya.

5. Fabio Quartararo - 20

Pebalap Petronas Yamaha SRT asal Perancis, Fabio Quartararo, saat tampil pada sesi kualifikasi MotoGP San Marino, di Sirkuit Misano Marco Simoncelli, Sabtu (12/9/2020).AFP/ANDREAS SOLARO Pebalap Petronas Yamaha SRT asal Perancis, Fabio Quartararo, saat tampil pada sesi kualifikasi MotoGP San Marino, di Sirkuit Misano Marco Simoncelli, Sabtu (12/9/2020).

Sederhana, Quartararo memilih nomor 20 lantaran karena ia lahir pada tanggal 20 April 1999.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com