Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Zero SR Bertampang Motor Balap Jadul

Kompas.com - 13/10/2020, 13:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

CALIFORNIA, KOMPAS.com - Sepeda motor listrik masih sering dianggap sebelah mata. Padahal motor listrik bukan cuma skuter untuk komuter ringan, tapi juga bisa berwujud motor sport.

Zero Motorcycles tahu benar hal tersebut. Karena itu pabrikan asal Amerika Serikat itu kemudian berkolaborasi dengan Deus Ex Machina AS merancang motor listrik cafe racer jadul.

Michael 'Woolie' Woolaway, Deus Ex Machina AS menyambut baik hal tersebut. Dia langsung terpikir membuatkan jubah baru buat Zero SR dengan gaya retro klasik.

Baca juga: Catat, Ini Tips Aman Naik Motor bagi Wanita

Zero SR Cafe RacerFoto: Bikeexif Zero SR Cafe Racer

"Saya ingin melakukan sesuatu yang lama dan baru. Bentuknya lama tapi teknologi baru. Saya ingin membuat motor yang belum tentu legal di jalan raya, karena itulah yang sangat saya sukai," katanya mengutip Bikeexif, Selasa (13/10/2020).

Hal pertama ialah membuatkan bodi baru. Meski sudah ada teknologi rendering digital, Woolie lebih memilih cara manual. Semua bodywork dibuat pakai tangan pakai mock up mulai dari fairing ke tangki.

Semua bodi terbuat dari serat karbon agar ringan. Terdapat tiga bagian utama. Kesulitannya ialah mencari tempat dudukan yang pas buat bodi.

Terakhir ialah memberikan jok dan lampu depan yang sesuai dengan bentuk motor keseluruhan.

Baca juga: Bus AKAP Boleh Angkut Lebih dari 50 Persen, tapi Okupansi Masih Kurang

Zero SR Cafe RacerFoto: Bikeexif Zero SR Cafe Racer

Setelah bodi terbentuk, Woolie kurang puas. Ada detail yang terlewat. Akhirnya motor bergaya klasik itu diberikan winglet. Hal yang cukup bertolak belakang dari konsep retro tersebut.

“Winglet cenderung menstabilkan motor lebih dari yang Anda kira, terutama pada kecepatan tinggi dan menambahkan sedikit gaya tekan ke bawah. Tapi buat saya hanya merasa itu menambahkan detail lain yang keren dan berbeda,” katanya.

Bodi sudah kelar giliran komponen pendukung. Suspensi depan diganti punya Showa, pelek depan belakang karbon dari Dymag.

Remnya sebagian besar adalah komponen J.Juan Racing, dengan pengecualian kaliper belakang Banke Performance kustom pada dudukan mesin CNC, dan rotor depan OEM Zero.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com